Manajemen Materi Keislaman Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di MTs Yayasan Tahsinul Akhlak Bahrul Ulum Surabaya

Authors

  • Choirus Sholihin STAI Al-Fitrah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31538/cjotl.v1i2.404

Keywords:

ManajemenMateri Keislaman, Minat Belajar, MTs Yayasan Tahsinul Akhlak Bahrul Surabaya

Abstract

Penelitian ini menganalisa manajemen materi keislaman dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MTs Yayasan Tahsinul Akhlak Bahrul Surabaya, dengan mengetahui manajemen pada materi keislaman sehingga dapat mengetahui pengaruh minat belajar peserta didik yang semakin meningkat. Penelitian ini membahas tentang menejemen materi keislaman dan minat belajar peserta didik dalam bidang al-Qur’an. Tujuan peneitian ini untuk mengetahui manajemen materi keislaman dan bagaimana menejemen materi keislaman dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MTs Yayasan Tahsinul Akhlak Bahrul Syrabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dalam Keberhasilan manajemen materi keislaman di MTs Yayasan Tahsinul Akhlak Bahrul Surabaya tidak lepas dari penerapan manajemen pengorganisasian secara sistematis dengan menggunakan dua model kurikurum yaitu kurikulum pesantren dan kurikulum kemenag dan materi keislaman meningkatkan minat belajar peserta didik pada bidang al-Qur’an dengan setiap tahunnya siswa terdapat peningkatan daam hafalan dan murajaah, dengan demikian hasil penelitian di lapangan manajemen materi keislaman dapat mempengaruhi minat belajar peserta didik di MTs Yayasan Tahsinul Akhlak Bahrul Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-09-11

How to Cite

Sholihin, C. (2021). Manajemen Materi Keislaman Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di MTs Yayasan Tahsinul Akhlak Bahrul Ulum Surabaya. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(2), 218–229. https://doi.org/10.31538/cjotl.v1i2.404