Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Lempar Dadu Dan Metode Tanya Jawab Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq
DOI:
https://doi.org/10.31538/cjotl.v2i1.188Keywords:
MInat Belajar, Media, Lempar Dadu, Metode, Tanya JawabAbstract
Tujuan penelitian karya ilmiah ini yakni untuk mendesksripsikan minat belajar siswa dengan menggunakan media papan dadu dan metode tanya jawab pada mata pelajaran aqidah akhlak di kelas XI di SMA Darul Ulum Sugio Lamongan sebagai mitra dari MBKM Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada program Asistensi Mengajar Universitas Islam Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Dari hasil penelitian yang kami dapatkan di SMA Darul Ulum Sugio Lamongan adalah media papan dadu dan metode tanya jawab dapat memenuhi indikator dalam minat belajar yakni adanya rasa suka atau ketertarikan peserta didik , pernyataan menyukai, ikut berpartisipasi dalam aktivitas pembelajaran, belajar tanpa disuruh dan memberikan perhatian. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media papan dadu dan metode tanya jawab dapat menumbuhkan minat belajar siswa, hingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media papan dadu dan metode tanya jawab di SMA Darul Ulum Sugio Lamongan cukup efektif hingga dapat di terapkan pada lembaga pendidikan yang lain.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi, (2006). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI, Jakarta : PT Rineka Cipta.
Adil Ganda Subratajaya Negara, (2015). “Penggunaan Media Papan Kata Untuk Meningkatkan Keterampilan Speaaking Bahasa Inggris Materi Conversation Siswa Kelas IVB MI Darussalam Candi Sidoarjo”,
Ayu Anjani, Gita Harnum Syapitri, Rifka Izatul Lutfia, (2020) “Analisis Metode Pembelajaran di Sekolah Dasar”, Jurnal Pendidikan Dasar, Vol.4, No.1.
Basrudin, Ratman, dan Yusdin Gagarmusu, (2014). ”Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Sumber Daya Alam Di Kelas IV SDN Fatufia Kecamatan Bahodopi”, Jurnal Kreatif Tadukalo Online. Vol.1, No. 1,
Deddy Mulyana, (2007). Metode Penelitian Komunikasi (Bandung:PT.Remaja Rosda Karya, 2001).
Idrus, Idem, Metode Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif (Yogyakarta: UII Press,
Jhon. W Creswell, Qualitative Inquiry and R7 earsch Dsigen, Choosing Among Five traditions, (USA: Publacition, 1998).
Muhammad Idrus, (2009). Metode Penelitian Ilmu-ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif (Yogyakarta: Erlangga,
Muhammad Idrus, (2009).Metode Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. (Yogyakarta: Erlangga,
Miles dan Huberman, (2020). Analisis Data Kualitatif (Ja0karta: Universitas Indonesia Press, 1992) 16.Nur Nafisatul Fithriyah, Nur Latifah, Khusnul Mu’alifah, “Peningkatan Minat Belajar Aqidah Akhlak Melalui Metode Quick On the Draw”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, Vol. 2, No. 1,
Turnomo Raharjo, (2018). Menghargai Perbedaan Kultural (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005).
Samsul Ependi, “Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar”, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Vol.7, No.2.
Supriatin Kuat Yuliani, (2016) “ meningkatkan hasil belajar matematika membilang 1-10 melalui metode lempar dadu hebat”. (pendidikan luar biasa Uniersitas Negeri Jakarta)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Lusia Mumtahana, Hepi Ikmal, Ayu Afita Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.