Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Qiraati di TPA Hidayatussibyan Kabupaten Sambas

Learning of The Qur'an With Qiraati Method at Hidayatussibyan Taman Pendidikan Al-Quran District of Sambas

Authors

  • Umi Nasikhah Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas Kalimantan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31538/cjotl.v1i1.57

Keywords:

Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Qiraati, Pendidikan Al-Qur`an

Abstract

Al-Qur’an adalah kitab suci yang Allah turunkan melalui malaikat Jibril kepada Nabi terakhir yaitu Nabi Muhammad Saw sebagai petunjuk dalam kehidupan manusia untuk mencapai kemakmuran hidup di dunia dan akhirat. Kemampuan membaca Al-Qur’an bagi umat Islam menjadi sebuah keharusan, sudah seharusnya diajarkan sejak dini. Terdapat beberapa metode yang bisa digunakan dalam mengajarkan Al-Qur’an kepada santri. Salah satu metode praktis yang sering dipakai guru dalam mengajarkan Al-Qur’an kepada santri adalah metode qiraati. Belajar Al-Qur’an menggunakan metode qiraati dilakukan langsung dengan membaca atau mempraktekkan bacaan Al-Qur’an secara tartil sesuai kaidah ilmu tajwid dengan 4 tahapan: 1) kelas pra qiraati, 2) kelas jilid 1-6, 3) kelas Al-Qur’an, 4) kelas akhir atau finishing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran al-Qur’an di TPQ Hidayatussibyan Kecamatan Subah kabupaten Sambas terbagi ke dalam tiga kelompok, yaitu kelompok dasar (mengenal huruf dan makhraj atau santri yang masih terbata-bata), kelas menengah yaitu santri yang sudah bisa membaca al-Qur’an, namun masih terdapat kesalahan seperti mad wal qasar, tajwid, dan lain-lain. Sedangkan kelas atas adalah santri yang belajar tilawah atau jenis-jenis lagu dan tahfidz al-Qur’an. penggunaan metode qiraati pada kelas dasar di TPQ hidayatussibyan sangat efektif, hal ini terlihat dari peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an santri setelah menggunakan metode qiraati.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief, Armai. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pres

Achrom, M. Nur Shodiq. Pendidikan dan Pengajaran Sistem Qoidah Qiroati. Ngembul Kalipare: Ponpes Salafiyah Sirotul Fuqoha’ II. Malang.

Bashori, Alwi. (2005). Metode Jibril-Metode PIQ-Singosari. Malang. IKAPI

Herlina. 2017. Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Akhlak dan Moral Pada Anak Usia Dini. Proseding. PPs Universitas PGRI Palembang

Human, As’ad. (2000). Cara Cepat Belajar Membaca Al-Qur’an. Yogyakarta: Balai Litbang LPTQ

Nasikhah, Umi. (2020). Upaya Guru Al-Qur’an Hadis Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Amantubillah Kabupaten Sambas. Jurnal Andragogi. Vol 2 No. 1, Mei 2020 Universitas Islam Malang

Yunus, Mahmud. (2003). Kamus Arab Indonesia, Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah dan Pentafsir Al-Qur’an.

Zarkasy, Dachlan Salim. 1990. Metode Pembelajaran Qiro’ati Jilid 1-6. Semarang

----------------------------. (1996). Pelajaran Ilmu Tajwid Praktis. Semarang: Yayasan Pendidikan Pendidikan Al-Qur’an Raudhatul Mujawwadin

Downloads

Published

2021-06-26

How to Cite

Nasikhah, U. (2021). Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Qiraati di TPA Hidayatussibyan Kabupaten Sambas: Learning of The Qur’an With Qiraati Method at Hidayatussibyan Taman Pendidikan Al-Quran District of Sambas. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(1), 20–25. https://doi.org/10.31538/cjotl.v1i1.57