Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Qiraati di TPA Hidayatussibyan Kabupaten Sambas
Learning of The Qur'an With Qiraati Method at Hidayatussibyan Taman Pendidikan Al-Quran District of Sambas
DOI:
https://doi.org/10.31538/cjotl.v1i1.57Keywords:
Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Qiraati, Pendidikan Al-Qur`anAbstract
Al-Qur’an adalah kitab suci yang Allah turunkan melalui malaikat Jibril kepada Nabi terakhir yaitu Nabi Muhammad Saw sebagai petunjuk dalam kehidupan manusia untuk mencapai kemakmuran hidup di dunia dan akhirat. Kemampuan membaca Al-Qur’an bagi umat Islam menjadi sebuah keharusan, sudah seharusnya diajarkan sejak dini. Terdapat beberapa metode yang bisa digunakan dalam mengajarkan Al-Qur’an kepada santri. Salah satu metode praktis yang sering dipakai guru dalam mengajarkan Al-Qur’an kepada santri adalah metode qiraati. Belajar Al-Qur’an menggunakan metode qiraati dilakukan langsung dengan membaca atau mempraktekkan bacaan Al-Qur’an secara tartil sesuai kaidah ilmu tajwid dengan 4 tahapan: 1) kelas pra qiraati, 2) kelas jilid 1-6, 3) kelas Al-Qur’an, 4) kelas akhir atau finishing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran al-Qur’an di TPQ Hidayatussibyan Kecamatan Subah kabupaten Sambas terbagi ke dalam tiga kelompok, yaitu kelompok dasar (mengenal huruf dan makhraj atau santri yang masih terbata-bata), kelas menengah yaitu santri yang sudah bisa membaca al-Qur’an, namun masih terdapat kesalahan seperti mad wal qasar, tajwid, dan lain-lain. Sedangkan kelas atas adalah santri yang belajar tilawah atau jenis-jenis lagu dan tahfidz al-Qur’an. penggunaan metode qiraati pada kelas dasar di TPQ hidayatussibyan sangat efektif, hal ini terlihat dari peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an santri setelah menggunakan metode qiraati.
Downloads
References
Arief, Armai. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pres
Achrom, M. Nur Shodiq. Pendidikan dan Pengajaran Sistem Qoidah Qiroati. Ngembul Kalipare: Ponpes Salafiyah Sirotul Fuqoha’ II. Malang.
Bashori, Alwi. (2005). Metode Jibril-Metode PIQ-Singosari. Malang. IKAPI
Herlina. 2017. Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Akhlak dan Moral Pada Anak Usia Dini. Proseding. PPs Universitas PGRI Palembang
Human, As’ad. (2000). Cara Cepat Belajar Membaca Al-Qur’an. Yogyakarta: Balai Litbang LPTQ
Nasikhah, Umi. (2020). Upaya Guru Al-Qur’an Hadis Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Amantubillah Kabupaten Sambas. Jurnal Andragogi. Vol 2 No. 1, Mei 2020 Universitas Islam Malang
Yunus, Mahmud. (2003). Kamus Arab Indonesia, Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah dan Pentafsir Al-Qur’an.
Zarkasy, Dachlan Salim. 1990. Metode Pembelajaran Qiro’ati Jilid 1-6. Semarang
----------------------------. (1996). Pelajaran Ilmu Tajwid Praktis. Semarang: Yayasan Pendidikan Pendidikan Al-Qur’an Raudhatul Mujawwadin
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Umi Nasikhah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.