Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dakon Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Fatma Amah Adimsyah Institut Pesantren Kh. Abdul Chalim, Pacet Mojokerto Indonesia
  • Akhmad Fauzi Institut Pesantren Kh. Abdul Chalim Pacet Mojokerto Indonesia
  • Muhamamd Husnur Rofiq Institut Pesantren Kh. Abdul Chalim, Pacet Mojokerto Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31538/cjotl.v3i1.417

Keywords:

Hasil Belajar, Media Pembelajaran Dakon

Abstract

Hasil belajar ialah tujuan akhir dilaksanakannya suatu kegiatan pembelajran. Media pembelajaran dakon ini dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik, karena dapat membangkitkan motivasi, memudahkan memahami materi yang disampaikan guru, dan rangsangan kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran dakon terhadap peningkatan hasil belajar peerta didik kelas II pada materi satuan berat. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif one group pretest posttest design. Dengan sampel penelitian kelas II yang berjumlah 12 peserta didik kemudian diberikan perlakuan. Hasil analisis data bahwa  hasil belajar peserta didik dari skor pretest 50,00. Meningkat menjadi 83,33. sehingga ada pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik kelas II pada materi satuan berat. Kemudian uji pair sample t test dari soal berdasarkan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat kesimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran dakon berpengaruh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustyarini, Y. (2017). Pengembangan Modul Matematika Kontekstual Dan Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Eq Siswa Akselerasi. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 12–25.

Agustyarini, Y., & Jailani, J. (2015). Pengembangan bahan ajar matematika dengan pendekatan kontekstual dan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan EQ dan SQ siswa SMP Akselerasi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 135–147.

Aniqoh, S., Ma`arif, M. A., & Kartiko, A. (2021). Kreativitas Guru Al Qur’an Hadist Dalam Mendesain Model Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Dalam Masa Pandemi. Center Of Education Journal (CEJou), 2(02), Art. 02. https://doi.org/10.55757/cejou.v2i02.21

Arif, A., Mannan, M., & Darim, A. (2022). Manajemen Pembelajaran Nahwu Sharaf Menggunakan Metode Tamyiz Pada Masa Pandemi Covid 19. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), Art. 1. https://doi.org/10.59373/kharisma.v1i1.6

Arif, M., Munfa’ati, K., & Kalimatusyaroh, M. (2021). Homeroom Teacher Strategy in Improving Learning Media Literacy during Covid-19 Pandemic. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 13(2), Art. 2. https://doi.org/10.18860/mad.v13i2.11804

Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. PT Rosdakarya.

Azis, A., Abou-Samra, R., & Aprilianto, A. (2022). Online Assessment of Islamic Religious Education Learning. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 3(1), Art. 1. https://doi.org/10.31538/tijie.v3i1.114

Baharun, H. (2016). Penilaian Berbasis Kelas pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 3(2), Art. 2.

Damayanti, F., Sianturi, N. M., Damayanto, A., Bangkara, B. M. A. S. A., & Ristianti, D. H. (2023). The Excellence of Lecturer HR in Increasing Competition In Research-Based Higher Education Services. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 4(1), Art. 1. https://doi.org/10.31538/tijie.v4i1.292

Farida, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional. PT Remaja Rosdakarya.

Fauzi, I., & Kartiko, A. (2023). Pengaruh Promosi an Produk Terhadap Pengambilan Keputusan Memilih Madrasah. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), Art. 2. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.435

Fawzi, T., & Dodi, L. (2022). Aspek Perkembangan Manajemen Pembelajaran Active Learning, Paikem Pada Kelas Unggulan. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), Art. 2. https://doi.org/10.54069/attadrib.v5i2.247

Halim, A. (2022). Model Pembelajaran Multikulturalisme Guru Pendidikan Agama Islam. Chalim Journal of Teaching and Learning (CJoTL), 2(1), Art. 1.

Hasanah, M., Sandy, P., Mannan, M., & Nasucha, J. A. (2022). Analisis Strategi Perencanaan Mutu Satuan Pendidikan di Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), Art. 2. https://doi.org/10.54069/attadrib.v5i2.299

Komalasari, M., & Yakubu, A. B. (2023). Implementation of Student Character Formation Through Islamic Religious Education. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 2(1), Art. 1.

Madkan, & Mumtahana, L. (2022). Islam dan Tradisi Perspektif Al-Qur’an dan As-Sunnah. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), Art. 1.

Narayani, D. P. R., Drs. I Ketut Gading, M. P., & I Kadek Suartama, S. P. (2015). Analisis Proses Pembelajaran Matematika Menurut Pendekatan Saintifik Dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1), Art. 1. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5849

Purwanto. (2002). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya.

Rizko, U., Islam, M. H., & Badruttamam, C. A. (2023). Implementasi Caseme P3 pada Pelajaran Matematika dengan Menggunakan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), Art. 1. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.346

Rofifah, S., Sirojuddin, A., Ma`arif, M. A., & Zuana, M. M. M. (2021). The Influence of Organizational Culture and Work Motivation on Teacher Performance at the International Standard School, Amanatul Ummah Mojokerto. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), Art. 1. https://doi.org/10.31538/ndh.v6i1.899

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Raja Grafindo Persada.

Sari, D. A., Rahayu, C., & Widyaningrum, I. (2018). Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Kubus dengan Konteks Tahu di kelas VIII. Journal of Dedicators Community, 2(2), Art. 2. https://doi.org/10.34001/jdc.v2i2.704

Sholihah, A., Fauzi, A., & Agustyarini, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game PowerPoint Materi Siklus Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), Art. 2. https://doi.org/10.54069/attadrib.v5i2.367

Yhudanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-07-14

How to Cite

Adimsyah, F. A. ., Fauzi, A., & Rofiq, M. H. . (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dakon Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Chalim Journal of Teaching and Learning, 3(1), 28–34. https://doi.org/10.31538/cjotl.v3i1.417