Pendidikan Akhlak dalam kitab-kitab Bahasa Arab karya Habib Hasan bin Ahmad Baharun
DOI:
https://doi.org/10.31538/cjotl.v2i1.198Keywords:
Pendidikan akhlak, kitab bahasa Arab, Pembelajaran bahasa ArabAbstract
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menemukan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab-kitab bahasa Arab Habib Hasan bin Ahmad Baharun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kepustakaan. Sumber data primer berupa kitab Muhawarah al haditsah billughah al-Arabiyah dan kitab Majmuah Ashriyah fillughah al-Arabiyah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan teknik analisis data dengan analisis konten. Penelitian ini menghasilkan temuan tentang pendidikan akhlak yang diklasifikasikan menjadi tiga aspek yaitu (1) Akhlak terhadap Allah yang meliputi: Taqwa kepada Allah dimana saja berada, yaqin dengan pertolongan Allah swt, mengerjakan ibadah dalam bentuk yang paling afdhol dan tidak takut kepada apapun kecuali kepada Allah swt (2) Akhlak terhadap diri sendiri meliputi: Tawadhu’, disiplin, mandiri, sabar, cinta pada bahasa Arab dan bahasa Indonesia, suka kebersihan, taat pada tata tertib sekolah dan rambu-rambu lalu lintas. (3) Akhlak terhadap sesama makhluk Allah swt meliputi: Akhlak kepada orang tua, akhlak kepada guru, akhlak kepada teman, akhlak kepada sesama muslim, akhlak kepada tamu, akhlak kepada tetangga, akhlak kepada konsumen, dan akhlak kepada hewan atau tumbuhan.
Downloads
References
Asyari, H. (2020). Pembentukan Spiritualistas dan Karakter Anak dalam Perspektif Lukman al-Hakim. At-Tarbiyat :Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 159–171. https://doi.org/10.37758/jat.v3i2.217
Atika, N. (2016). Pengaruh Pelaksanaan Kantin Kejujuran Dalam Membentuk Akhlak Siswa Di Sdn 114 Palembang. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 105–119.
Baharun, H. A. (1981). Muhawarah al haditsah billughah al Arabiyah. Darussaggaf.
Bahri, S. (2022). Pendidikan Akhlak Anak dalam Perspektif Imam Al-Ghazali. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 23–41.
Dilia, D. I., Rony, R., & Trianawati, A. (2022). Pengaruh Ta’zir Terhadap Akhlak Santri Putri Pondok Pesantren. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 1–12.
Hamzah, Y. (1983). Etika Islam Pembinaan Akhlakul Karimah. Bandung: Diponegoro.
Jubba, H., Pabbajah, M., Abdullah, I., & Juhansar, J. (2022). Reorienting Moral Education for Millennial Muslims: The Changing Role of Islamic Boarding Schools in Indonesia. The Islamic Quarterly, 65, 424.
Mansir, F., Tumin, T., & Purnomo, H. (2020). Role Playing Learning Method in The Subject of Aqidah Akhlak at Madrasa. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 191–201. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i2.675
Masitah, W., & Sitepu, J. M. (2021). Development of Parenting Models in Improving Children’s Moral Development. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 769–776. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i3.1692
Moleong, L. J. (1989). Metodologi penelitian kualitatif. Remadja Karya.
Muchibin, A., & Ma`arif, M. A. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim Dalam Pembentukan Akhlak Siswa. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 39–48. https://doi.org/10.54069/attadrib.v5i1.228
Nurdin, A. (2016). Pendidikan Life Skill Dalam Menumbuhkan Kewirausahaan Pada Peserta Didik Pendidikan Nonformal Paket C. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 2(02), 109–118.
Nurdin, S. (2002). Guru profesional & implementasi kurikulum. Ciputat Pers.
Pakpahan, P. L., & Habibah, U. (2021). Manajemen Program Pengembangan Kurikulum PAI dan Budi Pekerti dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa: Management of IRE Curriculum Development Program and Character in Forming Student’s Religious Character. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 1–20. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.19
Pambudi, S., & Hidayat, A. W. (2020). Values of Akhlak Education Based on Suluk Tareeqa Naqsyabandiyah Kholidiyah. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 202–220. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i2.667
Rony, R. (2021). Urgensi Manajemen Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik: The Urgency of School Organizational Culture Management Against Character Building Students. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 98–121. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.26
Rony, R., & Jariyah, S. A. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 79–100. https://doi.org/10.31538/tijie.v1i1.18
Sirojuddin, A., Aprilianto, A., & Zahari, N. E. (2021). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Chalim Journal of Teaching and Learning (CJoTL), 1(2), 159–168.
Sirojuddin, A., Ashlahuddin, A., & Aprilianto, A. (2022). Manajemen Kurikulum Terpadu Berbasis Multiple Intellegences di Pondok Pesantren. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i1.143
Sitepu, M. S., & Amelia, C. (2021). Development of Islamic Values Civics Module on Rights and Obligations for Elementary High School Students. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 617–628. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i3.1690
Surya, P., & Rofiq, M. H. (2021). Internalisasi Nilai Karakter Jujur Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Unggulan Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 31–37. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i1.65
Tabroni, I., Putra, D. D., Adawiah, N., & Rosmiati. (2022). Forming Character With Morals Prophet Muhammad Saw. East Asian Journal of Multidisciplinary Research, 1(1), 41–48.
Zafi, A. A., Maroh, M. T., Siswanto, S., & Fathurrochman, I. (2021). Islamic Religious Education Teacher of Learning Strategy in Implementing Religious Values Through Whatsapp. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 700–711. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i3.1423
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Masnun Masnun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.