Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah

Authors

  • Neliwati Neliwati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan Indonesia
  • Fawziyah Tansyah Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan Indonesia
  • Ali Akbar Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan Indonesia
  • Helfinasyam Batubara Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.351

Keywords:

PAI Teacher Efforts, Student Learning Interests

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan gambaran tentang upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTs Al-Ikhlas Air Hitam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui teknik observasi dan wawancara. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis dengan tahapan: pemilihan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan minat belajar siswa antara lain: meminta kepala sekolah untuk menambah jam di luar jam pelajaran PAI; melakukan komunikasi dengan wali siswa untuk mengingatkan anak mereka agar mengulang pelajaran di rumah; melakukan evaluasi sebelum dan sesudah pelajaran; memilih pendekatan/metode yang menarik bagi siswa; dan menggunakan media pembelajaran agar memudahkan guru dalam menjelaskan materi dan mudah difahami oleh siswa dan menggunakan metode hadiah dan hukuman. Gambaran hasil pembelajaran PAI siswa MTs Al-Ikhlas Air Hitam tergolong baik karena seluruh nilai siswa pada tahun ajaran 2022 terlihat dari hasil semester mereka telah mencapai standar KKM yang ditetapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A., D. K. (2010). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Afriza. (2013). Manajemen Kelas. afriza.

Akmalia, R. (2019). Pengaruh Perilaku Individu, Kelompok Dan Tim Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Akmalia, R. (2021). Intensitas Motivasi Berprestasi Melalui Pembelajaran Daring. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(3), 1–11. https://doi.org/10.22373/pjp.v10i3.12174

Arbangi. (2016). Manajemen Mutu Pendidikan. Prenada Media.

Ariani, P. (2017). Peningkatan Keterampilan Guru Agama Islam dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 dengan Pendekatan 5 M. Andragogi, V No. 2 Ju, 149.

Azizah Hanim Nasution. (2022). Model Manajemen Perilaku Lingkungan Hidup Pada Komunitas Sekolah. Cv. Azka Pustaka.

Dr. Masturin, S. A. M. A. (2022). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural. Penerbit Lawwana.

Dwianti, I. Novita., Rekha, R. ulianti dan, & Rahayu, E. T. (2021). Pengaruh Media Power point dalam pembelajaran jarak jauh terhadap aktivitas Kebugaran jasmani siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 295–307. https://doi.org/10.5281/zenodo.5335922

Fathani, H. (2016). MANUSIA DAN PAEDAGOGIK (Telaah atas Manusia sebagai Subjek dan Objek Pendidkan). Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 326–340. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4852

Fatimah, F. S., Asy’ari, H., Sandria, A., & Nasucha, J. A. (2023). Learning Fiqh Based on the TAPPS (Think Aloud Pair Problem Solving) Method in Improving Student Learning Outcomes. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v2i1.13

Hakim, M. N., & Iskandar, M. N. (2023). Pengembangan Bakat Dan Minat Dengan Manajemen Peserta Didik. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(1), 26–37. https://doi.org/10.59373/kharisma.v2i1.17

Indonesia, P. R. UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. , 2 UU No. 20 Tahun 2003 § (2003).

Irani, U., AR, M., & Khairuddin. (2014). Implementasi manajemen strategik dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 4(2), 58–70.

Jazilah, U. (2021). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Teknologi Informasi dan Komunikasi. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 3(1), 1–13. https://doi.org/1054437/ilmuna.v3i1.211

Komariah, N., & Nihayah, I. (2023). Improving The Personality Character of Students Through Learning Islamic Religious Education. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 2(1), 65–77. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v2i1.15

Lubis, S. P., Rambe, N. Z., Siregar, S., & Damanik, A. G. (2022). Manajemen Kepala Madrasah Dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Religius Siswa Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (IKaMaS), 2(1), 42–46.

Monalisa, F. N., Akmalia, R., Harahap, A. S. S., & Aulia, P. F. (2022). Upaya Dalam Menumbuhkan Karakter Agamis Siswa Pada Bulan Suci Ramadhan Di Madrasah Tsanawiyyah Negeri Binjai. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 206–222.

Muhammad Iqbal Harisuddin, S. T. M. P. (2019). Secuil Esensi Berpikir Kreatif & Motivasi Belajar Siswa. Pantera Publishing.

Muslim, M. F. (2019). Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran Rumpun PAI Dalam Melaksanakan Pembelajaran (Studi Kasus Pada Guru MAN 1 Yogyakarta). State Islamic University Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Nurgiansah, T. H. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Media Pembelajaran Konvensional dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1529–1534. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4902

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Nursyam, A. (2019). Peningkatan minat belajar siswa melalui media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(1), 811–819. https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.371

Prastiwi Yuliani, sucihatiningsih D. W. P. (2014). Pengaruh Fasilitas Belajar, Pengelolaan Kelas, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Ma Al-Asror Kota Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3(1), 24–30.

Rafiko, S. M. (2017). Stragtegi guru bimbingan konseling dalam mengatasi perilaku prokrastinasi akademik siswa di MAN 2 Batusangkar.

Sari, L., Purba, R., Umayroh, R., Munawaroh, S., & Akmalia, R. (2022). Penerapan Pendekatan Heuristik dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah. Akademi Pendidikan, 13(2), 199–209. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i2.1234

Sa’ud, U. S., Musthafa, B., & Sajawandi, L. (2021). Model Pembelajaran Membaca Terpadu berbasis Sastra Anak untuk Meningkatkan Minat dan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah. Penerbit NEM.

Setiawan, H. R., & Harfiani, R. (2005). Manajemen Peserta Didik: (Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan. Medan: umsu press.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyanto, E. (2018). Desain Kurikulum Berbasis SKS dan Pembelajaran untuk Sekolah Masa Depan. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48. https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p43-48

Sutarno, S. (2023). Supervision Management in Improving Madrasah Achievement in State Aliyah Madrasas. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(1), 53–65. https://doi.org/10.59373/kharisma.v2i1.21

Talizaro. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Tasya Nabillah, & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomedika, 659–663.

Yamin, M., Basri, H., & Suhartini, A. (2023). Learning Management in Salaf Islamic Boarding Schools. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 2(1), 25–36. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v2i1.10

Downloads

Published

2023-04-27

How to Cite

Neliwati, N., Siregar, F. T. ., Siregar, A. A. ., & Batubara, H. . (2023). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 297–306. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.351