Analisis Hubungan Pelatihan Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Keterampilan Dosen Pada Masa Pandemic Covid- 19 di RKU Unsyiah Banda Aceh
DOI:
https://doi.org/10.31538/cjotl.v2i1.195Keywords:
Distance Training, Lecturer Skills, Covid-19 Pandemic, Information Technology, Learning MediaAbstract
Covid 19 menyebar ke seluruh belahan bumi dan menjadi fokus pembincangan di seluruh dunia. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis hubungan antara pelatihan pembelajaran jarak jauh ( PJJ) terhadap keterampilan Dosen pada masa pandemi covid 19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui analisis deskriptif dan correlation spearman. Objek penelitian ini adalah tingkat keterampilan Dosen dalam penggunaan media pembelajaran selama pandemi. Populasi dalam penelitian ini adalah dosen Rku Unsyiah Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive random sampling dengan jumlah responden sebanyak 108 orang. Penelitian ini mendapatkan suatu hasil bahwa variabel yang sangat berhubungan antara pelatihan dengan keterampilan Dosen selama pembelajaran jarak jauh ( PJJ) yaitu usia Dosen dan lama bertugas. Nilai korelasi menunjukkan hubungan yang positif, artinya dosen Sangat produktif pada masa pandemi covid 19 yaitu pada rentang usia 30-40 tahun dengan lama bertugas lebih dari 10 tahun. Hal ini menunjukkan kematangan dosen dalam menjalankan sistem belajar mengajar sangat berhubungan dengan keterampilannya, serta di dukung oleh pengalaman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel yang sangat berhubungan antara pelatihan dengan keterampilan Dosen selama pembelajaran jarak jauh ( PJJ) yaitu usia Dosen dan lama bertugas pada tingkat signifikan 5%.
Downloads
References
Budiya, B. (2021). Manajemen Pengelolaan Kelas Masa Pandemi di SD Ta’miriyah Surabaya. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 50–54. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i1.129
Ibrahim, T., Akbari, S. I., & Suaidah, S. (2022). Principal’s Behavior in Strengthening Teacher Innovation and Creativity During The Covid-19 Pandemic. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 116–124. https://doi.org/10.31538/ndh.v7i1.1813
Inaldi, I. S., & Astutik, A. P. (2022). The Immune System during Covid-19 Pandemic: An Islamic and Scientific Perspective. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 746–761. https://doi.org/10.31538/nzh.v5i2.2279
Munjiat, S. M. (2020). Implementation of Islamic Religious Education Learning in Higher Education on The Pandemic Period. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 285–295. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i2.757
Silinskas, G., Pakarinen, E., Niemi, P., Lerkkanen, M. K., Poikkeus, A. M., & & Nurmi, J. (2016). The effectiveness of increased support in reading and its relationship to teachers’ affect and children’s motivation. Learning and Individual Differences, 4, 53–64. https://doi.org/10.1016/j.lindif.201 5.11.025
Sirojuddin, A., Ashlahuddin, A., & Aprilianto, A. (2022). Manajemen Kurikulum Terpadu Berbasis Multiple Intellegences di Pondok Pesantren. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i1.143
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukoyo, S., & Juhji, J. (2021). Interaksi Kompetensi Kepribadian Guru dengan Kepuasan Kerja. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 95–102. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i2.98
Sutrisno, S., & Nasucha, J. A. (2022). Islamic Religious Education Project-Based Learning Model to Improve Student Creativity. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 13–22.
Arikunto, Suhaimi. ( 2013), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revivi, Rineka Cipta.
Dermawan, D, ( 2012), Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Remaja Rosdakarya.
Dewi , W. A. F( 2020). Dampak Covid-19 Terhadap ImplementasiPembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61. https//:doi.org/10.31004/edukatif.v2il.89.
Firman, Sari Rahayu Rahman, ( 2020), Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Indonesia Journal Of Educational Science ( IJES), ( 2)(2).
Imran, ( 2010), Pembinaan Guru di Indonesia, Pustaka Jaya.
Moleong, L, ( 2007), Metodologi Penelitian Kualiatitatif Edisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Munir. ( 2010), Pembelajaran Jarak Jauh. Alfabeta
Nadziroh, F, ( 2017), Analisa Efektifitas Sistem Pembelajaran. Jurnal Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual ( Jikdiskomvis), 2(1).
Nazir, M. ( 2014), Metode Penelitian. Ghalia Indonesia
Sanjaya, W. ( 2009), Pendidikan Tindakan Kelas. Kencana.
Sakmadinata, N. S ( 2015), Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.
Zuldafrial. ( 2012), Penelitian Kualitatif.. Yuma Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Muchlinarwati Muchlinarwati, Muhammad Hamzah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.