Optimalisasi Manajemen Sekolah Dalam Menerapkan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar

Authors

  • Ikramullah Ikramullah Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto, Indonesia
  • Akhmad Sirojuddin Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i2.36

Keywords:

Manajemen Sekolah, Pendidikan Inklusi, Sekolah Dasar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen sekolah dalam menerapkan pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian atau informannya adalah kepala sekolah, guru kelas/walikelas dan guru pembimbing khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Dalam hal pengoptimalan pengelolaan pendidikan inklusi, peran kepala sekolah sebagai pemegang keputusan tertinggi di suatu lembaga sangat memengaruhi arah dan tujuan yang hendak dicapai oleh lembaga tersebut. (2) Ada banyak faktor penghambat terhadap pengelolaan pendidikan inklusi di SDN Mentikan 1 Kota Mojokerto  dari awal pengelolaan sampai dengan sekarang. Namun, faktor yang paling mendasar dan sangat memengaruhi adalah permasalahan yang berhubungan dengan anggaran. (3) Upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi adalah membagi dan memprioritaskan masalah yang memang tidak bisa diselesaikan oleh SDN Mentikan 1 sendiri kemudian menjadikannya bahan aduan ke Dinas terkait dan pusat sumber yang bertempat di SLB Pertiwi yang kebetulan ditunjuk langsung oleh dinas pendidikan provinsi jawa timur sebagai sekolah aduan terkait pengelolaan pendidikan anak berkebutuhan khusus. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrohman, A., & Syamsiar, H. (2017). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Model Keberagamaan Inklusif untuk Mencegah Radikalisme Beragama Dikalangan Siswa SMA. FENOMENA, 9(1), 105–122. https://doi.org/10.21093/fj.v9i1.789

Abidin, Y. (2014). Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013 (Cetakan kesatu). Refika Aditama.

Arikarani, Y. (2019). Analisis Eduitainment Dan Brain Based Learning Perspektif Psikologi Pembelajaran Pai Dan Agama. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 14(1), 125–156. https://doi.org/10.21043/edukasia.v14i1.4915

Bahri, S., & Arafah, N. (2020). Analisis Manajemen SDM Dalam Mengembangkan Strategi Pembelajaran Di Era New Normal. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 20–40. https://doi.org/10.31538/tijie.v1i1.2

Creswell, J. W. (2007). Qualitative inquiry & research design: Choosing among five approaches (2nd ed). Sage Publications.

Emzir. (2010). Analisis data: Metodologi penelitian kualitatif. Rajawali Pers.

Fadhillah, K. (2016). Manajemen Mutu Pendidikan Islam di Pesantren (Studi di Pondok Modern Darussalam Gontor). At-Ta’dib, 10(1).

Hasanah, M. (2020). Rekrutmen Dan Seleksi Tenaga Pendidikan (Guru) Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMA Unggulan Berbasis Pesantren Amanatul Ummah Pacet. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v5i1.6310

Juran, J. M. (1992). Juran on quality by design: The new steps for planning quality into goods and services. Free Press ; Maxwell Macmillan Canada ; Maxwell Macmillan International.

Lexy J, M. (2011). Metodologi penelitian Kualitatif (29th ed.). Rosdakarya.

Ma`arif, M. A., & Kartiko, A. (2018). Fenomenologi Hukuman di Pesantren: Analisis Tata Tertib Santri Pondok Pesantren Daruttaqwa Gresik. Nadwa, 12(1), 181–196. https://doi.org/10.21580/nw.2018.12.1.1862

Maarif, M. A., & Rofiq, M. H. (2018). Pola Pengembangan Kurikulum Pendidikan Pesantren Berkarakter: Studi Implementasi Pendidikan Berkarakter di Pondok Pesantren Nurul Ummah Mojokerto. 13, 16.

Matwaya, A. M., & Zahro, A. (2020). Konsep Spiritual Quotient Menurut Danah Zohar dan Ian Marshall Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 41–48. http://www.jurnal.staidagresik.ac.id/index.php/attadrib/article/view/112

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (Third edition). SAGE Publications, Inc.

Muslimin, T. A., & Kartiko, A. (2020). Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Mutu Pendidikan di Madrasah Bertaraf Internasional Nurul Ummah Pacet Mojokerto. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 75–87. https://pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/munaddhomah/article/view/30

Ridwan, M. (2018). Konsep Tarbiyah, Ta’lim Dan Ta’dib Dalam Al-Qur’an. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 35–57. https://doi.org/10.31538/nzh.v1i1.41

Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Teori dan Praktek (14th ed.). Rineka Cipta.

Sumarni Sumarni, M. S. (2019). Pengelolaan Pendidikan Inklusif di Madrasah. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17(2). https://doi.org/10.32729/edukasi.v17i2.631

Tajudin, A., & Aprilianto, A. (2020). Strategi Kepala Madrasah..dalam Membangun Budaya Religius Peserta Didik. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 101–110. https://pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/munaddhomah/article/view/34

Wathoni, K. (2013). Implementasi Pendidikan Inklusi dalam Pendidikan Islam. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 99–109.

Zulaikhah, D., Sirojuddin, A., & Aprilianto, A. (2020). Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013 Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 54–71. https://pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/tijie/article/view/6

Downloads

Published

2021-02-13 — Updated on 2020-04-25

Versions

How to Cite

Ikramullah, I., & Sirojuddin, A. . (2020). Optimalisasi Manajemen Sekolah Dalam Menerapkan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 131–139. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i2.36 (Original work published February 13, 2021)