Analisis Pengaruh Profesionalisme Guru, Budaya Organisasi, dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Peningkatan Mutu Sekolah

Authors

  • Pahing Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Yovitha Yulianti Ningsih Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31538/adrg.v5i1.1899

Keywords:

lingkungan kerja, budaya organisasi, kepemimpinan kepala sekolah, Kepuasan Kerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profesionalisme, budaya organisasi, dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu sekolah di SMK Negeri Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode explanatory research. Sampel penelitian berjumlah 130 guru PNS yang dipilih secara proporsional random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme, budaya organisasi, kepemimpinan kepala sekolah, dan mutu sekolah berada dalam kategori cukup baik. Secara parsial, profesionalisme memberikan kontribusi sebesar 12,1%, budaya organisasi 43%, dan kepemimpinan kepala sekolah 33,5% terhadap mutu sekolah, yang mengindikasikan bahwa faktor budaya organisasi memiliki pengaruh terbesar. Secara simultan, ketiga faktor tersebut memberikan kontribusi sebesar 49,8% terhadap mutu sekolah. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar sekolah meningkatkan profesionalisme guru melalui pelatihan berkelanjutan, supervisi yang konstruktif, dan penghargaan atas kinerja guru. Selain itu, budaya organisasi perlu dibangun secara positif dengan pembiasaan nilai-nilai kedisiplinan, tanggung jawab, dan inovasi di lingkungan sekolah. Penelitian ini menekankan pentingnya peningkatan profesionalisme guru, pembangunan budaya organisasi yang positif, dan pengembangan kepemimpinan kepala sekolah yang efektif sebagai upaya untuk meningkatkan mutu sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. (2017). Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru, Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 190–198. https://doi.org/10.17509/jpp.v17i3.9612

Abrori, M., & Muali, C. (2020). Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jumpa : Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.33650/jumpa.v1i2.1200

Adriansyah, H., Handayani, I. F., & Maftuhah, M. (2022). Peran pemimpin visioner dalam mewujudkan budaya sekolah berkarakter. Journal of Islamic Education and Innovation, 23–35. https://doi.org/10.26555/jiei.v3i1.6162

Agustianti, R., Pandriadi, Nussifera, L., Wahyudi, Angelianawati, L., Meliana, I., … Hardika, I. R. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. TOHAR MEDIA.

Anwar, F., Asrin, A., & Setiadi, D. (2022). Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMP Negeri 1 Sakra. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1229–1237. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.750

Arina, Y., Marsidin, S., & Sulastri, S. (2022). Peranan Tenaga Administrasi dalam Peningkatan Mutu Layanan di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9145–9151. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9823

Arista, H., Mariani, A., Sartika, D., & Murni, D. (2023). Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik (Input, Proses dan Output). Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(1), 38–52. https://doi.org/10.59373/kharisma.v2i1.13

Artanti, A., Ramadhani, N. D., Rahmawati, S., & Rizqa, M. (2024). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 321–333. https://doi.org/10.37478/optika.v8i2.4413

Barab, S. A., & and Plucker, J. A. (2002). Smart People or Smart Contexts? Cognition, Ability, and Talent Development in an Age of Situated Approaches to Knowing and Learning. Educational Psychologist, 37(3), 165–182. https://doi.org/10.1207/S15326985EP3703_3

Burrello, L. C., Lashley, C., & Beatty, E. E. (2001). Educating All Students Together: How School Leaders Create Unified Systems. Corwin Press.

Dewi, D. E. C., Destiana, E. M., Olivia, K., Wati, R. A., & Febrianto, R. (2024). Tenaga Kependidikan: Pengawas/Kepala Sekolah. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(4), 137–151. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i4.2727

Díez, F., Villa, A., López, A. L., & Iraurgi, I. (2020). Impact of quality management systems in the performance of educational centers: Educational policies and management processes. Heliyon, 6(4). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e03824

Emma, L. (n.d.). The Role of Leadership Styles in Shaping Educational Organizational Culture and Performance.

Fahmi, I. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan: Motivasi, Gaya Kepemimpinan, Kepuasan Kerja Dan Organisasi Budaya (Studi Literatur Manajemen Sumber Daya). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(1), 52–67. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i1.677

Hanafi, H., Adu, L., & Muzakkir, H. (2018). Profesionalisme Guru Dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah. Deepublish.

Hartati, S. (2022). Evaluasi Kinerja Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Nenerapkan Konsep Manajemen Mutu, Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13422–13433. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.13559

Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 159–181. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3729

Julhadi, M. A. (2021). HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK: Ditinjau dari Media Komputer dan Motivasi. EDU PUBLISHER.

Krisbiyanto, A. (2019). Efektifitas Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Mutu Pendidikan MTsN 2 Mojokerto. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 52–69. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i1.182

Kurniati, K. J., & Heryanda, K. K. (2023). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kompensasi Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk Unit Pupuan). Bisma: Jurnal Manajemen, 9(2), 155–163. https://doi.org/10.23887/bjm.v9i2.63906

Lestari, S. (2022). Kajian Konsep Merdeka Belajar dari Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1349–1358. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5478

MacNeil, A. J., Prater ,Doris L., & and Busch, S. (2009). The effects of school culture and climate on student achievement. International Journal of Leadership in Education, 12(1), 73–84. https://doi.org/10.1080/13603120701576241

Næss, P. (2015). The Explanatory Qualitative-Quantitative Method. In Mobility Patterns and Urban Structure. Routledge.

Nugraha, R. S., & Dekawati, I. (2023). The Influence of Teacher Professionalism and School Culture on Education Quality at Private Vocational High Schools in Indramayu. JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, 3(2), 116–133. https://doi.org/10.12928/jimp.v3i2.9374

Nurhasanah, N., Jufrizen, J., & Tupti, Z. (2022). Pengaruh Etika Kerja, Budaya Organisasi Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(1), 245–261. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.618

Nurlaela, L. (2022). Kepuasan Orang Tua Terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan Di Ra Nurul Huda. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 4(1), 17–24. https://doi.org/10.31949/madinasika.v4i1.8429

Permatasari, F., Lestari, N. A., Christie, C. D. Y., & Suhaimi, I. (2023). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Kinerja Guru: Studi Meta Analisis. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 4(3), 923–944. https://doi.org/10.33367/ijhass.v4i3.5133

Prasetyo, A., & Bramantya, A. R. (2020). Peran Sistem Informasi Manajemen Kearsipan: Studi Kasus Kementerian Sekretariat Negara RI. Diplomatika: Jurnal Kearsipan Terapan, 3(2), 74–85.

Priatna, A. (2018). Manajemen Pengembangan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 15(1), 80–90. https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11575

Sari, M., Rachman, H., Juli Astuti, N., Win Afgani, M., & Abdullah Siroj, R. (2022). Explanatory Survey dalam Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(01), 10–16. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1953

Selasih, N. N. (2017). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Di Era Globalisasi. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 4(2), 13–22. https://doi.org/10.25078/gw.v4i2.1554

Sewang, A. (2015). Manajemen Pendidikan. Wineka Media. Retrieved from https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1088/

Siregar, N., Hutahaean, H., Ginting, E. K. R., Meka, M. A., Depari, R., Hasugian, R., … Sitepu, W. (2021). Pola Asuh Dalam Keluarga Dan Pengaruhnya Pada Pendidikan Karakter. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 8(2), 190–199. https://doi.org/10.25078/gw.v8i2.514

Sirojuddin, A., Aprilianto, A., & Zahari, N. E. (2021). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(2), 159–168. Retrieved from https://www.pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/cjotl/article/view/142

Sugiat, M. A. (2020). Pengembangan Sdm Unggul Berbasis Collaborative Strategic Management. SULTANIST: Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.37403/sultanist.v8i1.175

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Yogyakarta: ALFABETA.

Sugiyono, S., & Lestari, P. (2021). Metode penelitian komunikasi (Kuantitatif, kualitatif, dan cara mudah menulis artikel pada jurnal internasional). Alvabeta Bandung, CV.

Syamsuddin, S. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Pengembangan Budaya Di Sekolah. Al asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 81–96. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13360

Syaroh, L. D. M., & Mizani, Z. M. (2020). Membentuk Karakter Religius dengan Pembiasaan Perilaku Religi di Sekolah: Studi di SMA Negeri 3 Ponorogo. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(1), 63–82. https://doi.org/10.33367/ijies.v3i1.1224

Thahir, D. M. T. (2023). Manajemen Mutu Sekolah. Indonesia Emas Group.

Zahroh, A. (2015). Total Quality Management: Capaian Kualitas Output Melalui Sistem Kontrol Mutu Sekolah. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(1), 79–94. https://doi.org/10.30957/cendekia.v9i1.54

Zulkarnain, F., Yasid, A., & Yusuf, M. (2025). Analisis Kualitas Website Upt Bahasa Universitas Trunojoyo Madura Menggunakan Webqual 4.0. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 9(1), 331–337. https://doi.org/10.36040/jati.v9i1.12356

Downloads

Published

2025-05-04

How to Cite

Pahing, & Yovitha Yulianti Ningsih. (2025). Analisis Pengaruh Profesionalisme Guru, Budaya Organisasi, dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Peningkatan Mutu Sekolah. Andragogi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 174–186. https://doi.org/10.31538/adrg.v5i1.1899