Pengaruh Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi, dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru SMK
DOI:
https://doi.org/10.31538/adrg.v5i1.1857Keywords:
Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kepuasan Kerja GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja, budaya organisasi, dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru SMK Negeri di Kota Pekalongan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode explanatory research. Sampel berjumlah 130 guru PNS yang dipilih secara proporsional acak dari total populasi sebanyak 193 guru. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan kerja, budaya organisasi, kepemimpinan kepala sekolah, dan kepuasan kerja guru berada dalam kategori cukup baik. Secara parsial, lingkungan kerja memberikan kontribusi sebesar 27,2%, budaya organisasi 52,4%, dan kepemimpinan kepala sekolah 35,4% terhadap kepuasan kerja guru. Secara simultan, ketiga faktor tersebut memberikan kontribusi sebesar 56,1%. Penelitian ini menyarankan agar sekolah menciptakan lingkungan kerja yang nyaman secara fisik maupun nonfisik, menerapkan budaya sekolah yang adil dan konsisten, serta meningkatkan kualitas kepemimpinan melalui pelatihan dan perencanaan kerja. Upaya tersebut sangat penting untuk memotivasi guru, meningkatkan kinerja, dan menciptakan budaya kerja yang positif. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya peningkatan fasilitas sekolah, penerapan aturan yang adil, serta penguatan peran kepala sekolah dalam menciptakan kepuasan kerja guru yang lebih baik
Downloads
References
Albaum, G. (1997). The Likert Scale Revisited. Market Research Society. Journal, 39(2), 1–21. https://doi.org/10.1177/147078539703900202
Arifin, A., Panjaitan, H. P., & Chandra, T. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Dan Komitmen Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Guru Sd Di Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, 6(4), 442–455.
Bierly, P. E., Kessler, E. H., & Christensen, E. W. (2000). Organizational learning, knowledge and wisdom. Journal of Organizational Change Management, 13(6), 595–618. https://doi.org/10.1108/09534810010378605
Bogler, R. (2001). The Influence of Leadership Style on Teacher Job Satisfaction. Educational Administration Quarterly, 37(5), 662–683. https://doi.org/10.1177/00131610121969460
Cansoy, R. (2019). The Relationship between School Principals’ Leadership Behaviours and Teachers’ Job Satisfaction: A Systematic Review. International Education Studies, 12(1), 37–52.
Cehreli, S. B., Polat-Ozsoy, O., Sar, C., Cubukcu, H. E., & Cehreli, Z. C. (2012). A comparative study of qualitative and quantitative methods for the assessment of adhesive remnant after bracket debonding. European Journal of Orthodontics, 34(2), 188–192. https://doi.org/10.1093/ejo/cjq191
CNN, I. (2025, March). Kepala Sekolah-Bendahara SD Bekasi Jadi Tersangka Penggelapan Dana BOS. Retrieved 18 April 2025, from Nasional website: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20250320155258-12-1211193/kepala-sekolah-bendahara-sd-bekasi-jadi-tersangka-penggelapan-dana-bos
Duan, X., Du, X., & Yu, K. (2018). School culture and school effectiveness: The mediating effect of teachers’ job satisfaction. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 17(5), 15–25. https://doi.org/10.26803/ijlter.17.5.2
Hakim, A. R., & Muhdi, M. (2020). Motivasi Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru Smk Swasta Di Wilayah Timur Kabupaten Pemalang. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 105–115. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i2.9354
Han, B., Tösten, R., & Elçiçek, Z. (2021). Public leadership behaviors of school principals: Does it affect teacher motivation and job satisfaction in Turkish culture? International Journal of Public Leadership, 18(3), 209–228. (world). https://doi.org/10.1108/IJPL-03-2021-0026
Heriyono, H., Chrysoekamto, R., Fitriah, R. N., & Kartiko, A. (2021). Gaya Kepemimpinan Prof. Dr. Kh. Asep Saifuddin Chalim dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan di Pesantren. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 21–30. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i1.64
Hosseinkhanzadeh, A. A., Hosseinkhanzadeh, A., & Yeganeh, T. (2013). Investigate Relationship Between Job Satisfaction and Organizational Culture Among Teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 84, 832–836. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.06.656
Jebb, A. T., Ng, V., & Tay, L. (2021). A Review of Key Likert Scale Development Advances: 1995–2019. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.637547
Jung, S., Cho, S.-H., Kim, K.-H., & Kwon, E. E. (2021). Progress in quantitative analysis of microplastics in the environment: A review. Chemical Engineering Journal, 422, 130154. https://doi.org/10.1016/j.cej.2021.130154
Kartiko, A., Wibowo, G. A., Gobel, L. V., Wijayanto, A., & Saputra, N. (2023). Improving Teacher Job Satisfaction Through Organizational Commitment and Organizational Citizenship Behavior in The Digitalization Era. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 315–327. https://doi.org/10.31538/ndh.v8i2.3960
Kembau, J. B., Sendow, G. M., & Tawas, H. N. (2018). Pengaruh Keterlibatan Kerja Dan Kompetensi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Malalayang Kota Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4). https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21449
Kompasiana.com. (2023, May 2). Hasil Penelitian sebagai Sumber Motivasi dan Kepuasan Kerja Guru. Retrieved 18 April 2025, from KOMPASIANA website: https://www.kompasiana.com/syahrialsyahrial0585/644cc40708a8b50b883c6a72/hasil-penelitian-sebagai-sumber-motivasi-dan-kepuasan-kerja-guru
Krieglstein, F., Beege, M., Rey, G. D., Sanchez-Stockhammer, C., & Schneider, S. (2023). Development and Validation of a Theory-Based Questionnaire to Measure Different Types of Cognitive Load. Educational Psychology Review, 35(1), 9. https://doi.org/10.1007/s10648-023-09738-0
Montgomery, D. C., Peck, E. A., & Vining, G. G. (2021). Introduction to Linear Regression Analysis. John Wiley & Sons.
Mwita, K. (2022, January 7). Factors to consider when choosing data collection methods [SSRN Scholarly Paper]. Rochester, NY: Social Science Research Network. https://doi.org/10.2139/ssrn.4880486
Nengsih, S., Gusfira, R., & Pratama, R. (2020). Kepemimpinan Transformatif Di Lembaga Pendidikan Islam. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1). https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v2i1.2247
Nevin, J. A. (1984). Quantitative Analysis. Journal of the Experimental Analysis of Behavior, 42(3), 421–434. https://doi.org/10.1901/jeab.1984.42-421
Olaifa, A. S., Ali, M. A. A., Olaifa, E. O., Oladimeji, R. M., & Akpala, K. C. (2024). Principals’ Facilities Maintenance Measures and Administrative Effectiveness in Private Secondary Schools in Kwara State, Nigeria. Chalim Journal of Teaching and Learning, 4(2), 101–118. https://doi.org/10.31538/cjotl.v4i2.1745
Polatcan, M., & Cansoy, R. (2019). The Relationship Between School Principals’ Leadership and Teachers’ Organisational Commitment: A Systematic Review. Bartın University Journal of Faculty of Education, 8(1), 1–31. https://doi.org/10.14686/buefad.441189
Rahayu, S. (2017). Komunikasi Interpersonal Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Kerja Organisasi terhadap Motivasi Kerja Dan Dampaknya pada Kepuasan Kerja Guru Sekolah Menengah Pertama. Manajemen Pendidikan, 12(1), 73–84. https://doi.org/10.23917/jmp.v12i1.2977
Rahayu, S., Leuwol, F. S., Nurida, S., Suyitno, S., & Kartiko, A. (2023). Improving Madrasah Ibtidaiyah Teacher Job Satisfaction Through Madrasah Compensation and Facilities. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 4(2), 169–180. https://doi.org/10.37812/zahra.v4i2.1103
Raziq, A., & Maulabakhsh, R. (2015a). Impact of Working Environment on Job Satisfaction. Procedia Economics and Finance, 23, 717–725. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(15)00524-9
Raziq, A., & Maulabakhsh, R. (2015b). Impact of Working Environment on Job Satisfaction. Procedia Economics and Finance, 23, 717–725. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(15)00524-9
Riatmaja, D. S. (n.d.). Hubungan Kepemimpinan Transformasi, Kelelahan Emosional, Karakteristik Individu, Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja dengan Komitmen Organisasional pada Guru SMA | Indonesian Research Journal on Education. Retrieved 19 April 2025, from https://irje.org/irje/article/view/820
Sinurat, E. J. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Pt. Himawan Putra Medan. Jurnal Ilmiah METHONOMI, 3(2), 92–106.
Sirojuddin, A., Aprilianto, A., & Zahari, N. E. (2021). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(2), 159–168. https://doi.org/10.31538/cjotl.v1i2.142
Soelistya, D., Purwani Setyaningrum, R., Aisyah, N., Hafni Sahir, S., & Purwati, T. (2022). Buku Ajar: Budaya Organisasi dalam Praktik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center. Retrieved from http://eprints.umg.ac.id/6740/
Suchyadi, Y., Karmila, N., & Safitri, N. (2019). Kepuasan Kerja Guru Ditinjau Dari Peran Supervisi Kepala Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Bogor Utara. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 2(2), 91–94. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v2i2.1453
Taherdoost, H. (2016). Sampling Methods in Research Methodology; How to Choose a Sampling Technique for Research. International Journal of Academic Research in Management (IJARM), 5. Retrieved from https://hal.science/hal-02546796
Tambunan, N., & Sudibjo, N. (2025). Pengaruh Transformational Leadership Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Di Global Prestasi School Bekasi Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 225–246. https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23606
Tetuko, B. (2012). Pengaruh Motivasi Kerja, Budaya Organisasi, Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Guru Sma Swasta Di Kabupaten Grobogan. Educational Management, 1(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/818
Toropova, A., Myrberg ,Eva, & and Johansson, S. (2021). Teacher job satisfaction: The importance of school working conditions and teacher characteristics. Educational Review, 73(1), 71–97. https://doi.org/10.1080/00131911.2019.1705247
Ugboro, I. O., & Obeng, K. (2000). Top management leadership, employee empowerment, job satisfaction, and customer satisfaction in TQM organizations: An empirical study. Journal of Quality Management, 5(2), 247–272. https://doi.org/10.1016/S1084-8568(01)00023-2
Wahyuningsih, S. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja. Warta Dharmawangsa, (57). https://doi.org/10.46576/wdw.v0i57.149
Wijaya, M. D. A., & Lestari, D. (2024). Upaya Peningkatan Kepuasan Kerja Guru SMK Islam Miftahul Huda Berbasis Lingkungan Kerja Fisik dan Non Fisik. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 9(2), 1296–1300. https://doi.org/10.33087/jmas.v9i2.1934
Zulfah, A. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru Pegawai Negeri Sipil Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Di Eks Kawedanan Indramayu. Edum Journal, 6(1), 55–79. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v6i1.136
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Agus Sutomo, Ngasbun Egar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.