Mengoptimalkan Kepuasan Kerja Guru melalui Gaya Kepemimpinan yang Inovatif, Komitmen Organisasi, dan Komunikasi Efektif di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.31538/adrg.v5i1.1868Keywords:
Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komunikasi Efektif, Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah, komitmen organisasi, dan komunikasi efektif terhadap kepuasan kerja guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Se-Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan. Latar belakang penelitian ini berfokus pada pentingnya tiga faktor tersebut dalam menciptakan lingkungan kerja yang kondusif bagi peningkatan kinerja dan kepuasan guru. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode explanatory research. Sampel yang digunakan terdiri dari 82 guru dengan teknik sampel jenuh. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen organisasi, komunikasi efektif, dan kepuasan kerja guru berada dalam kategori "cukup", sedangkan gaya kepemimpinan kepala sekolah berada dalam kategori "baik". Berdasarkan analisis regresi linier berganda, secara parsial, gaya kepemimpinan berkontribusi sebesar 75,9%, komitmen organisasi 74,4%, dan komunikasi efektif 77,1% terhadap kepuasan kerja guru. Secara simultan, ketiga faktor tersebut memberikan kontribusi sebesar 84,1% terhadap kepuasan kerja guru. Kategori "cukup" pada komitmen organisasi dan komunikasi efektif mengindikasikan perlunya peningkatan dalam pengelolaan kedua faktor ini. Penelitian ini menyarankan agar sekolah memperbaiki pengelolaan tugas sesuai kewenangan dan tanggung jawab guru, serta memperkuat pembinaan, pengawasan, dan evaluasi untuk menginternalisasi nilai-nilai dan etika kerja yang tinggi. Selain itu, penting untuk membangun komunikasi yang lebih efektif antara pihak sekolah dan guru, serta memberikan penghargaan yang sesuai dengan kompetensi guru, termasuk insentif di luar gaji. Implikasi dari penelitian ini menyoroti pentingnya penerapan peraturan dan tata tertib sekolah yang lebih baik, serta penerapan nilai-nilai dan norma yang mendukung terciptanya lingkungan kerja yang lebih positif dan mendukung kepuasan kerja guru.
Downloads
References
Abdillah, F. (2024). Peran Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia. EDUCAZIONE: Jurnal Multidisiplin, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.37985/educazione.v1i1.4
Alamsyah, M. W., & Effendi, A. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gondang Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(5), 6011–6022. https://doi.org/10.47492/jip.v3i5.2038
Anandita, S. R., Choiriyah, Z., & Mahendri, W. (2021). Pengaruh Iklim Organisasi Dan Komunikasi Terhadap Kepuasan Kerja (Studi Pada Smk Kreatif Hasbullah Bahrul Ulum). Jurnal Inovasi Penelitian, 2(3), 899–908. https://doi.org/10.47492/jip.v2i3.774
Barker Scott, B. A., & Manning, M. R. (2024). Designing the Collaborative Organization: A Framework for how Collaborative Work, Relationships, and Behaviors Generate Collaborative Capacity. The Journal of Applied Behavioral Science, 60(1), 149–193. https://doi.org/10.1177/00218863221106245
Cayupe, J. C., Bernedo-Moreira, D. H., Morales-García, W. C., Alcaraz, F. L., Peña, K. B. C., Saintila, J., & Flores-Paredes, A. (2023). Self-efficacy, organizational commitment, workload as predictors of life satisfaction in elementary school teachers: The mediating role of job satisfaction. Frontiers in Psychology, 14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1066321
Dakhi, A. S. (2021). Peningkatan Disiplin Siswa Dengan Kompetensi Guru Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(3), 131–143. https://doi.org/10.51212/jdp.v14i3.74
Ertürk, R. (2022). Conflict in Schools: A Qualitative Study. Participatory Educational Research, 9(1), 251–270. https://doi.org/10.17275/per.22.14.9.1
Fahmi, I. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan: Motivasi, Gaya Kepemimpinan, Kepuasan Kerja Dan Organisasi Budaya (Studi Literatur Manajemen Sumber Daya). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(1), 52–67. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i1.677
Febriansyah, I. B., & Puspitadewi, N. W. S. (2021). Hubungan Antara Kepuasan Kerja Dengan Komitmen Organisasi Pada Karyawan Pt.X. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(9), 154–165. https://doi.org/10.26740/cjpp.v8i9.43286
Fithrie, S., Farwitawati, R., Masirun, M., & Bate’e, A. M. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Smk Perpajakan Riau. Jurnal Daya Saing, 8(1), 62–69. https://doi.org/10.35446/dayasaing.v8i1.855
Fuaddi, H., & Amenda, R. (2023). Pengaruh Komunikasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Lembaga Smart Fast Global Education Pekanbaru. Sharing: Journal of Islamic Economics Management and Business, 2(1), 139–149. https://doi.org/10.31004/sharing.v2i1.11139
Hakim, A., Effendy, S., & Tanjung, H. (2023). Pengaruh Lingkungan Kerja, Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 6(1), 28–33. https://doi.org/10.30596/maneggio.v6i1.13941
Harefa, Z. V., Tafonao, T., Harefa, D., Sapalakkai, R. S., & Sophia, S. (2022). Peran Guru sebagai Fasilitator dan Katalisator Melalui Teori Konstruktivisme dalam Model Pembelajaran Kontekstual Pendidikan Agama Kristen. KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 4(2), 211–228. https://doi.org/10.47167/kharis.v4i2.128
Hartono, M. R. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Melalui Kepuasan Kerja Guru Sma Tunas Luhur Paiton Kabupaten Probolinggo. Jurnal Manajerial Bisnis, 7(2), 122–132. https://doi.org/10.37504/jmb.v7i2.590
Irnanda, E., Putri, R. N., Suhendra, I., Nurhizrah, G., & Hadiyanto, H. (2024). Urgensi Manajemen Berbasis Sekolah untuk Meningkatkan Kurikulum dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 904–917. https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.14942
Jaya, I. M. W. K., & Widiastini, N. M. A. (2021). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Turnover Intention. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 81–86. https://doi.org/10.23887/pjmb.v3i1.31135
Kartiko, A., Wibowo, G. A., Gobel, L. V., Wijayanto, A., & Saputra, N. (2023). Improving Teacher Job Satisfaction Through Organizational Commitment and Organizational Citizenship Behavior in The Digitalization Era. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 315–327. https://doi.org/10.31538/ndh.v8i2.3960
Kooli, C., & Abadli, R. (2022). Could Education Quality Audit Enhance Human Resources Management Processes of the Higher Education Institutions? Vision, 26(4), 482–490. https://doi.org/10.1177/09722629211005599
Ma, D. (2022). The Role of Motivation and Commitment in Teachers’ Professional Identity. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.910747
Mahaputra, M. R., & Saputra, F. (2021). Literature Review the Effect of Headmaster Leadership on Teacher Performance, Loyalty and Motivation. Journal of Accounting and Finance Management, 2(2), 103–113. https://doi.org/10.38035/jafm.v2i2.77
Munir, N., & Afif, Z. N. (2023). Peningkatkan Kinerja Guru Melalui Penerapan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif di SMA Primaganda Jombang. At Tadbir: Islamic Education Management Journal, 1(2), 110–121. https://doi.org/10.54437/attadbir.v1i2.1314
Nafi’a, Z. ‘Ilman, & Muhid, A. (2021). Pengaruh Komunikasi Organisasi Dan Komunikasi Antar Pribadi Terhadap Keaktifan Pengurus Gerakan Pemuda Ansor Cabang Trenggalek. Mediakita, 5(1), 82–105. https://doi.org/10.30762/mediakita.v5i1.3601
Porck, J. P., & van Knippenberg, D. (2023). An Integrative Model of the Role of Structural, Behavioural, and Cognitive Coordination in Intergroup Effectiveness: How Middle Managers Play a Role. Journal of Management Studies, 60(7), 1752–1785. https://doi.org/10.1111/joms.12841
Rachmawati, Y., & Suyatno, S. (2021). The Effect of Principals’ Competencies on Teachers’ Job Satisfaction and Work Commitment. Participatory Educational Research, 8(1), 362–378. https://doi.org/10.17275/per.21.21.8.1
Saputra, F. (2021). Leadership, Communication, and Work Motivation in Determining the Success of Professional Organizations. Journal of Law, Politic and Humanities, 1(2), 59–70. https://doi.org/10.38035/jlph.v1i2.54
Siahaan, A., Fitri, A., Harahap, F. A., Hidayatullah, T. Y., & Akmalia, R. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Yayasan Pendidikan Islam Al-Anwar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3689–3695. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11600
Siregar, K. Y., Simaremare, A., & Sari, P. (2023). Pengaruh Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Binagogik, 10(1), 209–213. https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i1.421
Solihin, E., Giatman, M., & Ernawati, E. (2021). Dampak Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Kepuasan Pekerjaan Guru dan Motivasi Kerja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 279–286. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.34420
Studyninglias, L. P., Hasanah, K., & Murniyati, D. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Dari Perspektif Hygiene Theory Pada Perawat Non Pns Di Rsud Dr Soedono. SIMBA : Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 5(0).
Sundari, S., Silalahi, V. A. J. M., & Siahaan, R. S. (2024). Komunikasi Interpersonal Dalam Membangun Harmoni Dan Produktivitas Di Tempat Kerja. Jurnal Cakrawala Akademika, 1(3), 419–438. https://doi.org/10.70182/JCA.v1i3.29
Sutomo, A., & Egar, N. (2025). Pengaruh Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi, dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru SMK. Andragogi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 116–129. https://doi.org/10.31538/adrg.v5i1.1857
Sutrisno, S., Astuti, E. D., Safitri, K., Setrojoyo, S. M., & Wibowo, T. S. (2023). Effect of Transformational Leadership, Job Satisfaction, and Interpersonal Communication on Organizational Citizenship Behavior with Organizational Commitment as Mediation Variable at the Tax Office. International Journal of Professional Business Review: Int. J. Prof.Bus. Rev., 8(7), 74. Retrieved from https://agora.edu.es/servlet/articulo?codigo=9060811
Syani, A. A., & Miyono, N. (2024). Pengaruh Kedisiplinan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Pada Pegawai Smk Negeri 1 Petarukan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 9741–9746. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30583
Tanjung, R., Arifudin, O., Sofyan, Y., & Hendar, H. (2020). Pengaruh Penilaian Diri dan Efikasi Diri Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 4(1), 380–391. (MSDM). https://doi.org/10.31955/mea.v4i1.554
Ulum, R., Hermawati, A., & Nasharuddin. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Spiritual Dan Qwl (Quality Of Work Life) Terhadap Ocb (Organizational Citizenship Behavior) Yang Dimediasi Komitmen Organisasi (Studi pada Guru SMP Islam Paiton dan SMP Insan Terpadu). Jurnal Cakrawala Ilmiah, 4(1), 3899–3926. Retrieved from https://www.bajangjournal.com/index.php/JCI/article/view/8612
Wahyudin, H. (2022). Budaya Organisasi. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 1(3). https://doi.org/10.57251/multiverse.v1i3.716
Zulfah, A. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru Pegawai Negeri Sipil Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Di Eks Kawedanan Indramayu. Edum Journal, 6(1), 55–79. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v6i1.136
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Feni Purwati, Yovitha Yulianti Ningsih, Nurkolis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.