Internalisasi Nilai Karakter Jujur Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Unggulan Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto

Authors

  • Prastio Surya Fakultas Tarbiyah Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto Indonesia
  • Muhammad Husnur Rofiq Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto
  • Ardianto Ardianto Sekolah Tinggi Agama Islam Daruttaqwa Gresik, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i1.65

Keywords:

Internalisasi, Karakter Jujur, Proses Pembelajaran

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk menganalisis proses internalisasi nilai kejujuran dalam pelajaran di kelas VIII Mts Unggulan Hikmatul Amanah dan Umtuk menganalisis evaluasi internalisasi nilai kejujuran dalam pembelajaran di kelas VIII Mts Unggulan Hikmatul Amanah. Penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan kualitatif, Dimana penelitian kualitatif merupakan sebuah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata tertulis maupun lisan serta tingkah laku seseorang yang telah diamati. Pendekatan kualitatif ini bertujuan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain secara holistic dengan cara deskriptif dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Penyajian dalam penelitian ini didasarkan pada proses pencarian data secara lengkap, yang kemudian data tersebut disajikan dalam bentuk deskriptif terurai dalam kata-kata untuk memperoleh keutuhan deskripsi atau gambaran tentang penguatan internalisasi nilai kejujuran dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Proses internalisasi nilai kejujuran dalam pembelajaran dikalas VIII Madrasah Tsanawiyah Unggulan Hikmatul Amanah yaitu: a. Penanaman nilai-nilai kejujuran dalam pola pikir siswa, setelah itu, b. Pembiasaan, dan c. Keteladanan dari guru terhadap siswa. 2) Evaluasi Internalisasi nilai kejujuran dalam pembelajaran dikalas VIII Madrasah Tsanawiyah Unggulan Hikmatul Amanah a. Cara penilaian dari setiap sektor yang berada di lembaga secara berkala, b. Pemberian tugas yang bersifat mengedukasi kepada siswa secara bertahap, dan c. Pendekatan emosional secara continue, dengan harapan terbangun kedekatan antar guru dengan siswa sehingga hubungan baik bisa terjalin diantara mereka, dalam hal ini diupayakan bisa menumbuhkan rasa keyakinan terhadap siswa untuk berani berkata jujur dalam segala hal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Thoha, Chabib, 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hakim, Lukman. 2012. Internalisasi Nilai-nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Sikap dan Prilaku Siswa sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya. Jurnal Ta’lim, Vol. 10, No. 1.

S. Widyaningsih, Titik, dkk. 2014. Internalisasi Dan Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa SMP Dalam Perspektif Fenomenlogis. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, Vol. 2, No. 2.

Murdiono, Mukhamad. 2010. Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Moral Religius Dalam Proses Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Cakrawala Pendidikan: Dies Natalis UNY.

Messi dan Harapan, Edi. 2017. Menanamkan Nilai Nilai Kejujuran Di Dalam Kegiatan Madrasah Bersama (Boarding School). JMKSP, Vol. 1, No. 1.

Amin, Muhammad. 2017. Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Kejujuran Pada Lembaga Pendidikan. TADBIR: Jurnal Studi Manajement Pendidikan, Vol. 1, No. 1.

Mustari, Mohamad, 2014. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.

Ichsan. 2019. Pendidikan Nilai Kejujuran Berbasis kelas Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bantul Yogyakarta. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 14, No. 1.

N. Inten, Dinar. 2017. Penanaman Kejujuran Pada Anak Dalam Keluarga. Jurnal: FamilyEdu, Vol. 3, No. 1.

M. Solichin, Mohammad. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Discovery dalam Pendidikan Agama Islam. Juranal Tadris, Vol. 12, No. 2.

Al-Muchtar, Suwarna. 2008. Strategi Pembelajaran IPS. Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung.

Kalidjernih, F. K. 2010. Perspektif Sosiologikal dan Politikal. Kamus Study Kewarganegaraan, Bandung: Widya Aksara.

Mustari dan Mohamad. 2011. Nilai Karakter. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

A. Akhmad, Muhaimin. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia: Revitalisasi Pendidikan Karakter terhadap Keberhaslan Belajar dan kemajuan Bangsa. Ar-Ruzz Media: Yogyakarta.

Azizah, J. T dan Munawaroh, R. 2009. Antaraksi Quercetin dengan Tolbutamid: Kajian terhadap Perubahan Kadar Glukosa Darah pada Tikus Jantan yang Diinduksi Aloksan. Jurnal Penelitian Sains dan Teknologi.

Nurwanti dan Sri. Pendidikan karakter. Yogyakarta: Familia.

Jalil, Abdul. 2012. Karakter Pendidikan untuk Membentuk Pendidikan Karakter. Nadwa, Vol. 6, No. 2.

Laili, Khoirun, N. F. 2013. Intervensi Teori Perkembangan Moral Lawrance Kohlberg Dalam Dinamika Pendidikan Karakter. Edukasia, Vol. 8, No. 2.

Wartoyo, FX. 2016. Penelian Pendidikan Berkarakter Dalam Membentuk Rasa Nasionalisme. Jurnal Edukasi, Vol. 2, No. 1.

Fajar, Shodiq. S. 2017. Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Penanaman Nilai Dan Pendekatan Perkembangan Moral Kognitif. At-Tajdid, Vol. 1, No. 1.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1989.

Munif, Muhammad. 2017. Strategi Internalisasi Nilai-nilai PAI Dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Edureligia, Vol. 01, No. 01.

Rahmat. 2021. Pembelajaran Aswaja Bagi Kaum Rebahan Berbasis Multidisipliner. An Nahdhoh, Vol. 01, No. 01.

Downloads

Published

2021-08-04 — Updated on 2023-04-11

Versions

How to Cite

Surya, P., Rofiq, M. H., & Ardianto, A. (2023). Internalisasi Nilai Karakter Jujur Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Unggulan Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 31–37. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i1.65 (Original work published August 4, 2021)