Pendidikan Wanita Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam

Authors

  • Fawziyah Tansya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Salminawati Salminawati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan Indonesia
  • Usiono Usiono Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i4.325

Keywords:

Pendidikan Wanita, Filsafat Pendidikan Islam, Content Analysis

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis posisi wanita dalam Islam, kesetaraan wanita dan laki-laki dalam menuntut ilmu dan pandangan pendidikan wanita dalam perspektif filsafat pendidikan islam. Penelitian ini menggunakan library research (penelitian pustaka), yaitu dilaksanakan dengan menggunakan literatur (kepustakaan) dari penelitian sebelumnya, dan menggunakan teknik Analisis Isi (Content Analysis) dan tekhnik Analisis Komparatif Konstan (Constan Comparative Analysis). Analisis isi bersifat pembahasan yang mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis atau tercetak dalam media massa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pandangan Filsafat Pendidikan Islam tidak pernah melarang wanita untuk belajar dan memiliki pendidikan. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga sudah menekankan bahwa belajar itu wajib atas setiap muslim tanpa membedakan pria maupun wanita. Dengan penekanan ini, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membuka semua jalan pengetahuan untuk pria dan wanita.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmalia, R. (2018). Membangun Great Team dan Great Players Menuju Perubahan yang Inovatif dan Kreatif di Satuan Pendidikan Islam. Sabilarrasyad: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan, III(01), 1–11.

Al-Bukhari, M. ibn I. (2010). Shahih al-Bukhari, tarqim wa tartib Muhammad Fuad ‘Abdal-Baqi. Kairo: Dar Ibn Hazm.

Al-Ghazali, A. H. (2010). Ihyā’ ‘Ulūm al-Dīn (Edisi Ke-3). Dimashq: Dār al-Faihā.

Aminah. (2015). Pemikiran Kartini Terhadap Pendidikan Perempuan Dalam Prespektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1).

Anshori, M. A. (2015). Perempuan: Perspektif Filsafat, Tasawuf dan Fiqih.

Arif, A. M. (2018). Perempuan dalam Perspektif Al-Qabisi dan Rasyid Ridha. Musawa, 3(1).

Arisandy, N. (2016). Pendidikan dan Karir Perempuan dalam Perspektif Islam. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 15(2), 125–135.

Ar-Razi, F. (n.d.). Mafatih al-Ghaib. Beirut: Dar Ihya’ at-Turats al-‘Arabi.

Asari, H., Lubis, S. A., & Sabariah, H. (2020). Non-Formal Islamic Education for Women Prisoner in Rumah Tahanan Negara. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 425–443. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i3.844

Astuti, S. (2016). Peran Perempuan dalam Perkembangan Pendidikan Islam di Aceh (Kajian Terhadap Kontribusi Wanita dalam Tinjauan Sejarah). Jurnal Al-Maiyyah, 9(2), 189–204.

Bahri, S. (2022). Pendidikan Akhlak Anak dalam Perspektif Imam Al-Ghazali. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 23–41.

Britannica, E. (1986). The Encyclopedia Britannica. Chicago.

Effendi, Z. (2020). Pendidikan Wanita dalam Filsafat Pendidikan Islam. Waraqat : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 5(1). https://doi.org/10.51590/waraqat.v5i1.95

Firdaus, D. (2019). Pendidikan Perempuan Perspektif Quraish Shihab Dalam Tafsir Al Misbah. Jurnal Pendidikan Islam, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Ganiem, L. M. (2016). Pemberdayaan Perempuan Miskin Kota Melalui Pendidikan. Aspikom, 3(2), 239–255.

Garba, K. A., & Yakubu, A. (2022). Afterlife as Motivation for Later Life Education among Elderly Women: Evidence from Bauchi Emirate North-Eastern Nigeria. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 3(2), 119–134. https://doi.org/10.31538/tijie.v3i2.164

Harahap, D. (2015). Kebahagiaan dan Akhir Kehidupan Menurut Filsafat Ekonomi Islam. Dalam Jurnal Falah, 2(2).

Harahap, U. H., & Hasanah, M. (2022). Women’s Perspectives on Career in Family and Community Environment. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 5(1), 30–41. https://doi.org/10.31538/almada.v5i1.1773

Hidayat, R. (2011). Bias Gender Dalam Prestasi Akademik Laki-laki: Studi tentang Perbandingan Prestasi Akademik Laki-laki Laki-laki dan Perempuan di SMA 12 Bekasi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(4), 472. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i4.42

Hidayati, S., Rahmi, W., & Yasri, A. (2022). Pola Perilaku Guru Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Siswa di SMAN 8 MEDAN. Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (IKaMaS), 2(2), 104–108.

Janawi. (2019). Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 78.

Krisbiyanto, A., & Nadhifah, I. (2022). Pengaruh Lokasi dan Citra Sekolah Terhadap Keputusan Siswa Memilih Sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 1(1), 20–31.

Madkan, & Mumtahana, L. (2022). Islam dan Tradisi Perspektif Al-Qur’an dan As-Sunnah. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 55–62.

Majah, I. (n.d.). Sunan Ibn Majah, tahqiq Muhammad Fuad ‘Abd al-Baqi. Kairo: Dar Ihya’ al-Kutub al-’Arabiah.

Maknun, M. K., & Ihwan Amalih. (2022). Identitas Manusia dalam Konsep Insan Kamil (Studi Atas Pemikiran Abdul Karim Al-Jili). El-Waroqoh: Jurnal Ushuluddin Dan Filsafat, 6(1), 45–73.

Mappanganro, & Ridha, R. (1999). Pemikirannya tentang Pendidikan Formal, Makassas dan Teologi Islam ( terj. R. A. dan M. S. Nasrullah, Ed.). Bandung: Mizan.

Monalisa, F. N., Akmalia, R., Harahap, A. S. S., & Aulia, P. F. (2022). Upaya Dalam Menumbuhkan Karakter Agamis Siswa Pada Bulan Suci Ramadhan Di Madrasah Tsanawiyyah Negeri Binjai. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 206–222.

Muis, A. A., & Arifuddin. (2018). Metode Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah (Pertama; M. P. Imrawati, S.Pd.I, Ed.). Pare-pare: Lembaga Penerbitan Universitas Pare-pare.

Mursi, M. M. (1987). Al- tarbiyah al islamiyah (cet. IV).

Muthahhari, M. (2001). The Right of Women in Islam. Jakarta: Lentera.

Na’imah, F. U. (2020). Perempuan Dalam Telikungan Teks Keagamaan: Tela’ah atas Wacana Spiritualitas Perempuan Perspektif Hadis Karya Nurun Najwah. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(2), 260–269. https://doi.org/10.31538/almada.v3i2.1237

Nuralam, R., & Ridlo, R. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kepribadian Guru Akidah Akhlak terhadap Prestasi Belajar Peserta didik. Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 65–75.

Pakpahan, P. L., Ikhsannudin, M., & Kholis, M. M. N. (2021). Women Who Work According to Khaled Aboue El-Fadl. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 4(2), 252–270. https://doi.org/10.31538/almada.v4i2.1347

Puspita, D. A. (2021). MENATA PENDIDIKAN ISLAM DI SMP NEGERI 1 KOTAPINANG. Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (IKaMaS), 1(1).

Rasyidin, A., & Ja’far. (2015). Filsafat Ilmu dalam Tradisi Islam. Medan: Perdana Publishing.

Saadah, R., & Asy’ari, H. (2022). Manajemen Sekolah Berbasis Pesantren Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 1–11.

Sabaruddin, F. dan. (2020). Resiliensi Pendidikan Perempuan dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 17–30. https://doi.org/10.22236/jpi.v11i1.5031

Saiful, M. (2016). Importance of Girls’ Education as Right: A Legal Study from Islamic Approach. Beijing.

Suyatno, S. (2013). Sekolah Islam terpadu; Filsafat, ideologi, dan tren baru pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 355. https://doi.org/10.14421/jpi.2013.22.355- 377

Syamsudin. (2010). Studi Alquran; Metode & Konsep. Elsaq Press.

Umar, M. N. I. (2007). Wanita dalam Islam. Jakarta: Dar al-Kutub al-Islamiyyah.

Wahidah, N., & Nuranisah, E. (2020). Diskriminasi Perempuan Bercadar Dalam Perspektif Hegemoni. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(1), 39–49. https://doi.org/10.31538/almada.v3i1.530

Downloads

Published

2023-01-23

How to Cite

Tansya, F., Salminawati, S., & Usiono, U. (2023). Pendidikan Wanita Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam . Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(4), 406–414. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i4.325