Pendidikan Pesantren Berbasis Multiple Intellegences (Kecerdasan Majemuk)

Authors

  • Muhammad Anas Maarif Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto, Indonesia
  • Muhammad Husnur Rofiq Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto, Indonesia
  • Nur Silva Nabila Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31538/tijie.v1i1.1

Keywords:

Pesantren, Multiple Intelligences System, Education

Abstract

Artikel ini menjelaskan pentingnya inovasi pendidikan untuk mengembangkan kecerdasan peserta didik. Multiple Intelligences MI (kecerdasan majemuk) adalah sebagian kecil inovasi di bagian pendidikan sebagai jawaban atas pembagian kecerdasan yang hanya terpacu pada intellectual, spiritual dan emosiaonal. Multiple Intelligences membagi kecerdasan pada anak menjadi delapan sehingga dengan pembagian tersebut minat dan bakat peserta didik sekaligus potensinya tergali secara terarah dan tersalurkan. MI banyak di terapkan di lembaga-lembaga sekolah, yang bersifat formal akan tetapi bangsa ini lupa dengan pendidikan yang mencetak banyak ulama` yaitu pesantren. dengan demikian seharusnya pesantren menjadi perhatian serius untuk pengembangan santri/peserta didik. Dan dengan adanya inovasi pendidikan ini semoga menjadi sedikit solusi untuk pendidikan di negeri ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Zainal. ‘Implementasi Pendidikan Life Skill Di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi’. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam 6, no. 1 (22 May 2017): 162–73. http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/darussalam/article/view/86.

Afandi, Muslim. ‘Pendidikan islam dan multiple intelligences’. Potensia: jurnal kependidikan islam 13, no. 2 (10 December 2014): 135–48. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/potensia/article/view/1044.

Arwani, Wawan. ‘Kiai Pesantren Dan Kontribusinya Dalam Mengembangkan Pluralitas Keberagamaan Dan Toleransi Di Kabupaten Cirebon’. Holistik 15, no. 1 (5 April 2016). https://doi.org/10.24235/holistik.v15i1.434.

Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi pesantren: studi pandangan hidup kyai dan visinya mengenai masa depan Indonesia. Cet. 8 rev. Jakarta: LP3ES, 2011.

Djumransjah, H. M. ‘Pendidikan Pesantren Dan Kemandirian Santri’. Jurnal Ilmu Pendidikan 8, no. 2 (5 February 2016).

Fuad, Ah Zakki. ‘Rekonstruksi Tujuan Pendidikan Islam Berbasis Taksonomi Transenden’. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman 9, no. 2 (15 March 2016): 424–46. https://doi.org/10.15642/islamica.2015.9.2.424-446.

Gardner, Howard. Multiple intelligences: the theory in practice. 30. dr. New York, NY: Basic Books, 2002.

———. ‘Reflections on Multiple Intelligences: Myths and Messages’. Phi Delta Kappan 77, no. 3 (1995): 200. http://search.proquest.com/openview/4bbb940abb34c54f7705833b2c879283/1?pq-origsite=gscholar.

Jamin, Ahmad. ‘Pendidikan Islam Sebagai Sebuah Sistem (Transformasi Input Menuju Output Yang Berkarakter)’. ISLAMIKA 15, no. 2 (2016). http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/islamika/article/view/47.

Laili, Anisatun Nur. ‘Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multiple intelligences di SMP Yayasan Islam Malik Ibrahim (YIMI) Gresik “full day school”’. Undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2016. http://etheses.uin-malang.ac.id/3943/.

Ma`arif, Muhammad Anas, and Ari Kartiko. ‘Fenomenologi Hukuman di Pesantren : Analisis Tata Tertib Santri Pondok Pesantren Daruttaqwa Gresik’. Nadwa 12, no. 1 (22 June 2018): 181–96. https://doi.org/10.21580/nw.2018.12.1.1862.

Ma`arif, Muhammad Anas, and Eka Deni Sulistyanik. ‘PENGEMBANGAN POTENSI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK (MULTIPLE INTELLIGENCE)’. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 2 (31 December 2019). https://doi.org/10.24235/tarbawi.v4i2.5216.

Ma’arif, Muhammad Anas. ‘Hukuman (Punishment) Dalam Perspektif Pendidikan Di Pesantren’. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (1 June 2017): 1–20. https://doi.org/10.21274/taalum.2017.5.1.1-20.

Ma’arif, Muhammad Anas, and Nur Silva Nabila. ‘The Contribution Of Kiai Munawwar Adnan Kholil Gresik On Islamic Education’. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman 31, no. 2 (20 July 2020): 218–36. https://doi.org/10.33367/tribakti.v31i2.1126.

Maarif, Muhammad Anas, and Muhammad Husnur Rofiq. ‘Pola Pengembangan Kurikulum Pendidikan Pesantren Berkarakter : Studi Implementasi Pendidikan Berkarakter di Pondok Pesantren Nurul Ummah Mojokerto’ 13 (2018): 16.

Maarif, Muhammad Anas, Muhammad Mujtaba Mitra Zuana, Siti Maryam Munjiat, Ibnu Rusydi, Ali Miftakhu Rosyad, and Lu’lu’il Maknuun. ‘Character Education Through Dhikr Tariqa Qadiriyya Naqhsabandiyya Al-Usmaniyya Indonesia’. Hampstead Psychological Associates 24, no. 07 (2020): 9.

Martin, Van Bruinessen. Kutab Kuning Pesantren dan Tarekat. 1st ed. Yogyakarta: Gading Publising, 2012.

Mastuhu. Dinamika sistem pendidikan pesantren: suatu kajian tentang unsur dan nilai sistem pendidikan pesantren. 2nd ed. Jakarta: INIS, 1994.

Mushollin, Mushollin. ‘Penerapan Teori Multiple In℡ligences Howard Gardner Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’. Jurnal Tadris Stain Pamekasan 4, no. 2 (2013): 223–235.

Nata, Abuddin. ‘Revitalisasi Pendidikan Karakter Untuk Mencetak Generasi Unggul’. Didaktika Religia 1, no. 1 (2013).

Nurcholis, Madjid. Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan. 6th ed. Jakarta: Paramadina Grup, 2016.

Nurhidayati, Titin. ‘Inovasi Pembelajaran Pai Berbasis Multiple Intelligences’. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 3, no. 1 (7 February 2016): 23–56. https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.23-56.

Purwati, Eni. ‘Pendidikan Islam Berbasis Multiple Inteligences System (mis)’. Uin Surabaya, 2011, 41.

Purwati, Eni, Zumrotul Mukaffa, Syafi’i Syafi’i, Muhammad Thohir, Evi Fatimatur Rusydiyah, and Muhammad Nuril Huda. Pendidikan Karakter: Menjadi Berkarakter Muslim-Muslimah Indonesia. Surabaya: Kopertais Wilayah IV Surabaya, 2014. http://digilib.uinsby.ac.id/29870/.

Qomar, Mujamil. Pesantren: dari transformasi metodologi menuju demokratisasi institusi. Ciracas, Jakarta: Erlangga, 2005.

Sidiq, Umar. ‘Pengembangan Standarisasi Pondok Pesantren’. Nadwa 7, no. 1 (2013): 71–88. http://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/544.

Siskandar, -. ‘Pengembangan Multiple Intelligences Melalui Kegiatan Non-Intrakurikuler dalam Rangka Meningkatkan Mutu Proses dan Hasil Pembelajaran’. Jurnal Ekonomi & Pendidikan 5, no. 2 (2008). http://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/593.

Wahyuddin, Wahyuddin. ‘Fungsi Pendidikan Islam Dalam Hidup Dan Kehidupan Manusia (Manusia Yang Memiliki Fitrah/Potensi Dan Sebagai Makhluk Yang Harus Dididik/Mendidik)’. Inspiratif Pendidikan 5, no. 2 (2016): 399–415.

Wekke, Ismail Suardi. ‘Pesantren Dan Pengembangan Kurikulum Kewirausahaan: Kajian Pesantren Roudahtul Khuffadz Sorong Papua Barat’. Inferensi 6, no. 2 (2012): 205–226. http://inferensi.iainsalatiga.ac.id/index.php/inferensi/article/viewFile/148/109.

Wuryani, Sri Esti. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

Downloads

Published

2020-08-09 — Updated on 2021-01-05

Versions

How to Cite

Maarif, M. A., Rofiq, M. H., & Nabila, N. S. (2021). Pendidikan Pesantren Berbasis Multiple Intellegences (Kecerdasan Majemuk). Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 1–19. https://doi.org/10.31538/tijie.v1i1.1 (Original work published August 9, 2020)