Penilaian Pengetahuan Penugasan Dalam Pembelajaran di Sekolah

Authors

  • Jeprianto Jeprianto Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas Kalimantan, Indonesia
  • Ubabuddin Ubabuddin Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas Indonesia
  • Herwani Herwani Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Syarif Abdurrahman Singkawang

DOI:

https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i1.55

Keywords:

Penlialain Penegasan, Pembelajaran, Sekolah

Abstract

Penilaian pengetahuan merupakan penilaian untuk mengukur kemampuan siswa yang meliputi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif serta kecakapan berpikir tingkat rendah hingga tinggi. Penugasan adalah pemberian tugas kepada siswa untuk mengukur atau memfasilitasi siswa memperoleh atau meningkatkan pengetahuan. Penugasan yang berfungsi untuk penilaian dilakukan setelah proses pembelajaran Sedangkan penugasan sebagai metode penugasan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan yang diberikan sebelum atau selama proses pembelajaran (assessment for learning). Tugas dapat dikerjakan baik secara individu maupun kelompok sesuai karakteristik tugas yang diberikan, yang dilakukan di sekolah, di rumah, dan di luar sekolah. Pada prinsipnya, penilaian melalui pendekatan penugasan adalah menilai hasil (produk) dari penugasan tersebut ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam penilaian pengetahuan penugasan: 1) perencanaan penugasan, 2) pelaksanaan penugasan, 3) acuan kualitas tugas, 4) instrumen, dan 5) hasil penilain penugasan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ashaari, M. F., Ismail, Z., Puteh, A., Samsudin, M. A., Ismail, M., Kawangit, R., Zainal, H., Nasir, B. M., & Ramzi, M. I. (2012). An Assessment of Teaching and Learning Methodology in Islamic Studies. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59, 618–626. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.322

Kunandar. (2013). Kunandar, Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013), (Jakarta: Raja, 2014), hlm 70. Raja.

Majid, A. (n.d.). Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar, (Bandung: Remaja Rosda Karya, hlm. Remaja Rosda Karya.

Majid, A. (2007). Perencanaan Pembelajaran,. Rosda Karya.

Permadi, B. A., & Adityawati, I. A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Islam & Kearifan Lokal Kelas Iv Min Seduri & Mis Nurul Amal Kabupaten Mojokerto. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 122–138. https://doi.org/10.31538/nzh.v1i1.61

Sani, R. A. (2016). Ridwan Abdullah Sani, Penilaian Autentik, (Jakarta: Bumi Aksara, 2016), hal. 344. Bumi Aksara.

Sj, D. S., Maarif, M. A., & Zamroni, A. (2021). Strategi Pengembangan Program Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah: The Development Strategy of Islamic Religious Education Learning Programs. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 20–40. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.21

Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Rosdakarya.

Sutomo. (n.d.). Sutomo, Teknik Penilaian Pendidikan , (Yogyakarta: Venus Gold Pres, 1985), hlm. 10. Venus Gold Pres.

Downloads

Published

2021-06-23

How to Cite

Jeprianto, J., Ubabuddin, U., & Herwani, H. (2021). Penilaian Pengetahuan Penugasan Dalam Pembelajaran di Sekolah. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 16–20. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i1.55