Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru

Authors

  • Hadi Nur Halid Fakultas Tarbiyah Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto Indonesia
  • Fadly Usman Universitas Brawijaya Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i2.38

Keywords:

Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Disiplin Kerja, Kinerja Guru

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah yang profesional serta disiplin kerja yang baik akan memberikan dampak positif terhadap perbaikan dan peningkatan kinerja guru pada suatu lembaga pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk, (1) mendeskripsikan pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. (2) mendeskripsikan pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru. (3) mendeskripsikan pengaruh secara simultan dari kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja terhadap kinerja guru di SMPIT Al-Azhar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, dengan jumlah populasi sebanyak 59 orang. Terdiri dari 1 orang kepala sekolah, 12 orang guru, 1 orang TU, dan 46 siswa. Instrumen penelitian ini adalah angket. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMPIT Al-Azhar dengan t hitung 2,580 > t tabel 2,00 dan memiliki pengaruh sebesar 10,5%. (2) terdapat pengaruh antara disiplin kerja terhadap kinerja guru di SMPIT Al-Azhar dengan t hitung 7,924 > t tabel 2,00 dan memiliki pengaruh sebesar 52,4%. (3) terdapat pengaruh secara simultan dengan F hitung 31,019 > F tabel 3,16. Secara simultan keduanya juga memiliki pengaruh sebesar 52,6% terhadap kinerja guru di SMPIT Al-Azhar dan memiliki koofisian korelasi sebesar 0,725 yakni berada pada kualitas hubungan yang kuat. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. (2014). Manajemen dan evaluasi kinerja karyawan. Aswaja Pressindo.

Abudin, N. (2003). Managemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan di Indonesia. Prenada Media Grup.

Ajefri, F. (2017). Efektifitas Kepemimpinan Dalam Manajemen Berbasis Madrasah. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 7(2), 99–119. https://doi.org/10.24042/alidarah.v7i2.2265

Alda, R., Boholano, H., & Dayagbil, F. (2020). Teacher Education Institutions in the Philippines towards Education 4.0. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(8), Article 8. http://www.ijlter.org/index.php/ijlter/article/view/2449

Arifin, Z. (2015). Kepemimpinan Kiai dalam Ideologisasi Pemikiran Santri di Pesantren-Pesantren Salafiyah Mlangi Yogyakarta. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 9(2), 351–372.

Ariyanti, N. S., Supriyanto, A., & Timan, A. (2019). Kontribusi Kepala Sekolah Berdasarkan Ketidaksesuain Kualifikasi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Sekolah. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 157–168. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i2.314

Bafadal, I. (2003). Peningkatan profesionalisme guru sekolah dasar dalam kerangka manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah (Cet. 1). Bumi Aksara.

Baharun, H., & Ummah, R. (2018). Strengthening Students’ Character in Akhlaq Subject Through Problem Based Learning Model. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(1), 21–30. https://doi.org/10.24042/tadris.v3i1.2205

Danim, P. D. S. (2012). Pengembangan Profesi Guru. Prenada Media.

Dawam, A., Ta’arifin, A., & Durori, K. (2004). Manajemen madrasah berbasis pesantren. Lista Fariska Putra. https://books.google.co.id/books?id=UjYdNAAACAAJ

E Mulyasa. (2011). Menjagi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan (11th ed.). Rosdakarya.

Ermawati, S. (2018). Peranan pembelajaran akidah akhlak dalam membina kedisiplinan belajar Siswa Kelas Xi Madrasah Aliyah (Ma) Al-Hamidy Kebontalo Kecamatan Lembar Kabupeten Lombk Barat Tahun Pelajaran 2017/2018 [Undergraduate, Universitas Islam Negeri Mataram]. http://etheses.uinmataram.ac.id/2246/

Fauzi, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan Islam. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 42–53. http://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/nidhomulhaq/article/view/31

Hanafi, Y., Murtadho, N., Hassan, A. R., Ikhsan, M. A., & Diyana, T. N. (2020). Development and validation of a questionnaire for teacher effective communication in Qur’an learning. British Journal of Religious Education, 42(4), 424–434. https://doi.org/10.1080/01416200.2019.1705761

Kartiko, A., & Azzukhrufi, jaya R. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pendidik Di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Mazro’atul Ulum Paciran. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 207–226. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i2.351

Ma`arif, M. A. (2017). Analisis Konsep Kompetensi Kepribadian Guru PAI menurut Az-Zarnuji. ISTAWA, 2(2), 35–60.

Ma`arif, M. A. (2018). Analisis Strategi Pendidikan Karakter Melalui Hukuman Preventif. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 31–56. https://doi.org/10.21274/taalum.2018.6.1.31-56

Nazihah, A., & Maulana, I. H. (2020). Integrasi Tasawuf dan Modernitas dalam Pendidikan Islam Prespektif Fethullah Gulen. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 41–53. https://doi.org/10.31538/tijie.v1i1.7

Rofiq, M. H. (2017). Kedisiplinan Siswa Melalui Hukuman Dalam Perspektif Stakeholder Pendidikan. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 82–94. https://doi.org/10.31538/ndh.v2i2.25

Supardi, S. (2012). Kinerja Guru. Rajawali Press.

Zulaikhah, D., Sirojuddin, A., & Aprilianto, A. (2020). Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013 Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 54–71. https://pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/tijie/article/view/6

Downloads

Published

2020-09-29 — Updated on 2021-08-15

Versions

How to Cite

Halid, H. N., & Usman, F. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 121–130. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i2.38 (Original work published September 29, 2020)