Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengelola Sumber Daya Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan

Authors

  • Siti Yumnah STAI Pancawahana Bangil, Pasuruan Indonesia
  • Juni Iswanto IAI Pangeran Diponegoro
  • Putri Hana Pebriana Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Fadhillah Fadhillah Universitas Serambi Mekkah
  • Muhammad Ikhsan Fuad Institut Pesantren Kh Abdul Chalim

DOI:

https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i1.350

Keywords:

Mutu Pendidikan, Manajemen Sumber Daya Guru, Strategi Kepala Sekolah

Abstract

Menumbuhkan dan meningkatkan mutu pendidikan diperlukan lembaga pendidikan yang tidak melakukan dikotonimi ilmu pengetahuan. Lembaga pendidikan yang menyadari akan manusia ciptaan Tuhan yang memiliki keistimewaannya masing-masing yaitu sekolah. Maka dari itu dalam penelitian ini mencoba mengetuhi tahapan dalam mengelola sekolah yang melakukan perkembangan mulai perencaan peningkatan mutu pendidikan, pengelolaan sumber daya guru, hingga pengawasan pelaksanaan mutu pendidikan yang ada di SMP PGRI 1 Kota Mojokerto Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang mana penelitian ini dilakukan di SMP PGRI 1 Kota Mojokerto yang merupakan objek peneliti. Sedangkan sebagai informan untuk mengetahui apa yang diteliti oleh peneliti yaitu kordinator manajemen, kordinator sekolah dan para pengajar. Adapun Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah wawancara mendalam, observasi atau pengamatan terhadap kegiatan pendidikan, dan dokumentasi. Dan untuk teknik keabsahan data yaitu meliputi teknik triangulasi sumber dan triangulalsi data. Dalam penelitian ini menemukan beberapa temuan, yaitu : sejarah mengenai SMP PGRI 1 Kota Mojokerto, sikronisasi atau keterpaduan antara kependidikan umum dan kependidikan ekstrakulikuler untuk saling menunjang terjadi pendidikan yang utuh, mulai dari pelaksanaan mutu pendidikan terpadu yang meliputi perencanaan program unggulan pendidikan dan saran prasaran dalam pelaksanaan praktik yang mendalam, pelaksana mutu terpadu dalam melaksanakan setiap program atau menyiapkan SDA, dan pengawasan sumber daya guru terpadu yang dilakukan untuk menjadi tolak ukur dalam pencapain siswa yan beragam atau memiliki motivasi, dan kemudian dapat membuat kebijakan pengembangan dalam perencanaan kedepannya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aniza, A. N., Fadillah, W. F., & ... (2021). Peran Orangtua dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN 14 Biru. Jurnal …, 4(3), 150–157.

Anwar, S. (2011). Metodologi penelitian bisnis. Salemba Empat.

Aprilianto, A., Sirojuddin, A., & Afif, A. (2021). Strategi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik. FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), Art. 1. https://doi.org/10.37812/fatawa.v2i1.392

Azkiyah, Z., Kartiko, A., & Zuana, M. M. M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Dan Promosi Terhadap Minat Siswa Baru Di Madrasah. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), Art. 2. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.538

Bahri, S. (2022). Meningkatkan Kualitas Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Melalui Sumber Daya Manusia di Era Pandemi. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), Art. 1. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i1.158

Barirohmah, B., & Subiyantoro, S. (2021). ISO 9001:2008 Quality Management System In Education. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), Art. 2. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i2.1485

Bisri, A. M. (2020). Studi Analisis Komite Sekolah/Madrasah dalam Mengawal Kualitas Pendidikan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), Art. 1. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.31

George R. Terry. (2013). Dasar dasar manejemen.

Hafid, H., & Barnoto, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Kelas Digital Berbasis Google Workspace for Education. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), Art. 1.

Hariadi, B. (2003). Strategi manajemen: Strategi memenangkan perang bisnis (1st ed.). Bayumedia.

Idris, A., Trisnamansyah, S., & Wasliman, I. (2022). Implementation of The Internal Quality Assurance System in Improving School Quality. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), Art. 1. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i1.96

Indriani. (2019, December 10). Pemerhati: Mutu sekolah swasta seharusnya di atas sekolah negeri. Antara News.

Kango, U., Kartiko, A., & Zamawi, B. (2021). The Effect of Service Quality, Facilities and Promotion on The Interest of New Students. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), Art. 2. https://doi.org/10.31538/ndh.v6i2.1447

Kartiko, A. (2019). Manajemen Mutu Pendidikan (A. Vita, Ed.). Pustaka Bening.

Kartiko, A. (2023). The Influence of Teacher Professional Competence on Education Quality Through Infrastructure as an Intervening Variable. 3(2), 245–260.

Kurnianingsih, E. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam meningkatkan Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(1), 11–18.

Moleong, j, Lexy. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mufassir, Mohamad, R., & Mala, A. (2019). Model kepemimpinan yang melayani dalam meningkatkan mutu pendidikan: Studi servant leadership kepala Madrasah Aliyah Muhammadiyah kota Gorontalo. Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 38–56.

Muhammad Hadi 1, Djailani AR2, S. I. (2019). STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA MIN BUENGCALA KECAMATAN KUTA BARO KAB ACEH BESAR. Sed de Ser, 4(2), 63–67. https://doi.org/10.2307/j.ctvt9k11w.13

Muslimin, T. A., & Kartiko, A. (2020). Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Mutu Pendidikan di Madrasah Bertaraf Internasional Nurul Ummah Pacet Mojokerto. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), Art. 2. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i2.30

Noprika, M., Yusro, N., & Sagiman, S. (2020). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 224–243. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i2.99

Novita Dwi Anggraeni, Yoto, B. (2015). STUDI TENTANG PERAN SERTA ORANG TUA DAN DUNIA USAHA/INDUSTRI DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMK NEGERI 1 SINGOSARI. 1, 11–20.

Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis (cetakan ke). Gramedia Pustaka Utama.

Salvabilla, A. R. (2021). Servant Leadership Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di Era Pandemi Covid-19. 09(05), 1286–1300.

Saputro, A. N. A., & Darim, A. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Kebijakan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), Art. 1.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sumarsono, R. B. (2019). Upaya Mewujudkan Mutu Pendidikan Melalui Partisipasi Orangtua Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 24(2), 63. https://doi.org/10.17977/um048v24i2p63-74

Sutrisno, S., & Nasucha, J. A. (2022). Islamic Religious Education Project-Based Learning Model to Improve Student Creativity. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), Art. 1.

Wahidah. (2017). PENGELOLAAN KEDISIPLINAN GURU DI MTS NEGERI BARAKA KABUPATEN ENREKANG Wahidah. Eklektika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Pendidikan, 115–129.

WAHJOSUMIDJO. (2003). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik Dan Permasalahannya (1st ed.). Raja Grafindo Persada.

Wahyudi, Y. (2019). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SMA Negeri 6 Samarinda. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 74–86. https://doi.org/10.21093/twt.v6i2.2046

Wahyuni, R., Khojir, K., & Salehudin, M. (2021). Pembelajaran Berbasis Multimedia (Tinjauan Perencanaan Dan Pengorganisasian Pada Manajemen Kinerja Guru). EDSUAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 8(2), 172–198. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v8i2.346

Yohanes. (2016, October 12). Tingkatkan Mutu Sekolah Perlu Dukungan Swasta. Kabupaten Kapuas Hulu.

Downloads

Published

2023-02-22

How to Cite

Yumnah, S., Iswanto, J., Pebriana, P. H. ., Fadhillah, F., & Fuad, M. I. . (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengelola Sumber Daya Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 92–104. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i1.350