Sistem Manajemen Kepala Sekolah dan Wali Asrama dalam Meningkatkan Prestasi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i2.35Keywords:
Boarding School Supervisor, Guidance System, Headmaster, Infrastructure, ManagementAbstract
Keberhasilan manajemen kepala sekolah dan sistem bimbingan wali asrama terhadap peningkatan prestasi siswa sangat penting diteliti terutama di sekolah berbasis pesantren seperti MTs Unggulan Amanatul Ummah Mojokerto yang memiliki prestasi melimpah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi manajemen kepala sekolah dan sistem bimbingan wali asrama dalam meningkatkan prestasi siswa. Studi yang telah dilakukan adalah studi lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan metode Miles and Huberman yang meliputi beberapa tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data (display) dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data dilakukan menggunakan teknik Triangulasi data. Hasil yang diperoleh dari data-data penelitian menunjukkan bahwa manajemen kepala sekolah yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi terbukti berhasil dalam meningkatkan prestasi siswa MTs Unggulan Amanatul Ummah. Selain itu, sistem bimbingan wali asrama baik perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi juga efektif dalam rangka meningkatkan prestasi siswa/santri MTs Unggulan Amanatul Ummah. Namun, khusus pada penyediaan sarana sekolah, ditemukan adanya sarana yang masih belum sepenuhnya memadai berupa ketiadaan kelas khusus untuk pembelajaran olimpiade. Walau demikian, ianya tidak mempengaruhi pencapaian prestasi siswa dengan adanya kecemerlangan manajemen kepala sekolah dan sistem bimbingan wali asrama dalam meningkatkan prestasi siswa MTs Unggulan Amanatul Ummah.
Downloads
References
Abdullah, L. (2018). Kontribusi Tarekat Naqsabandiyah Terhadap Pendidikan Agama Islam Dan Perubahan Perilaku Sosial Jamaah. Nazhruna, 1(1), 1–13. http://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/NAZHRUNA/article/view/82
Ahmadi, H. A., & Uhbiyati, N. (1991). Ilmu pendidikan. Rineka Cipta.
Al-Qur`an. (2010). Kementerian Agama RI.
Dimyati, & Mudjiono. (1999). Belajar dan pembelajaran. Rineka Cipta.
Fitrah, M. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31–42. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.90
Galela, F. (2012). Pendidikan Pola Asrama dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di Pesantren Hidayatullah Kabupaten Fakfak [Masters, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6011/
Ghani, A. (2015). Pendidikan Akhlak Mewujudkan Masyarakat Madani. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 273–284. https://doi.org/10.24042/atjpi.v6i2.1518
Hafidhuddin, D. (2003). Manajemen syariah dalam praktik. Gema Insani.
Jamal Ma`mur, A. (2012). Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah. DIVA Press.
Jasmani, & Syaiful, M. (2013). Supervisi Pendidikan. Ar-Ruz Media.
Kartiko, A., & Kurniwan, E. (2018). Metode Bercerita Dengan Teknik Role Playing untuk Menumbuhkan Akhlak Mulia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 201–222. https://doi.org/10.31538/nzh.v1i2.52
Ma`arif, M. A., & Rusydi, I. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN HOLISTIK DI PONDOK PESANTREN AMANATUL UMMAH MOJOKERTO. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(1), Article 1. https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i1.598
Maarif, M. A., & Rofiq, M. H. (2018). Pola Pengembangan Kurikulum Pendidikan Pesantren Berkarakter: Studi Implementasi Pendidikan Berkarakter di Pondok Pesantren Nurul Ummah Mojokerto. 13, 16.
Marzan, M. (2020). Manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi akademik siswa SD Integral Luqman Al Hakim Surabaya [Masters, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/17158/
Maulida, Y. N. (2018). Manajemen strategik dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Negeri 1 Grobogan [Undergraduate, UIN Walisongo Semarang]. http://eprints.walisongo.ac.id/8828/
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (Third edition). SAGE Publications, Inc.
Muhaimin. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Cet. 5). Raja Grafindo Persada.
Perawironegoro, D. (2019). Manajemen Asrama di Pesantren. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 129–144. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.944
Purnomo, H., & Umiarso, U. (2018). Pengelolaan Dan Sistem Pendidikan Islam Berwawasan Rahmatan Lil’alamin: Kajian Atas Gerakan Pendidikan Fethullah Gulen Movement. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 16(2), 223–244. https://doi.org/10.21154/cendekia.v16i2.1288
Ramayulis. (2012). Sejarah Pendidikan Islam, Napaktilas Perubahan Konsep, Filsafat dan Metodelogi Pendidikan Islam dari Era Nabi Saw sampai Ulama` Nusantara. Kalam Mulia.
Ramayulis. (2013). Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia.
RASMI, U. S. (2019). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Budaya Agama Di Madrasah Aliyah Al Hikmah Bandar Lampung [Undergraduate, UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/6561/
Ridwan, M. (2018). Konsep Tarbiyah, Ta’lim Dan Ta’dib Dalam Al-Qur’an. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 35–57. https://doi.org/10.31538/nzh.v1i1.41
Rusman. (2011). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Rajawali Pers/PT Raja Grafindo Persada.
SARONI, M. (2006). Manajemen Sekolah: Kiat menjadi pendidik yang kompeten (Jogjakarta). Ar-Ruz Media. http://library.fip.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=2759
SEIFERT, K. (2007). Manajemen Pembelajaran dan Instruksi Pendidikan: Manajemen mutu psikologi pendidikan para pendidik (Jogjakarta). IRCiSoD. http://library.fip.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=3172&keywords=
Stoner, A. F., Freeman, R. E., & Gilbert, D. R. (1996). Manajemen Edisi Bahasa Indonesia. PT. Prenhallindo. Jakarta.
Susanto, E. (2007). Multikulturalisme Pendidikan Agama Islam (telaah Atas Pemikiran Nurcholish Madjid). TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2). http://www.ejournal.stainpamekasan.ac.id/index.php/tadris/article/view/214
Susanto, E. (2014). Pendidikan Agama Islam dalam Lanskap Post Tradisionalisme Islam. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 252–262. https://doi.org/10.15642/islamica.2012.6.2.252-262
SUTOPO, H. (1993). Pembinaan Dan Pengembangan Kurikulum: Sebagai Substansi Problem Administrasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Umiarso. (2018). Kepemimpinan transformasional profetik: Kajian paradigmatik ontos integralistik di lembaga pendidikan Islam (Edisi pertama). Prenadamedia Group, Divisi Kencana.
Zainuddin, M. R. (2014). Manajemen Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (pai). Edukasi: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 632–644. https://doi.org/10.5281/e-journal.v2i2.166
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Muzhari, Sigit Priyo Sembodo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/munaddhomah