Implementasi Strategi Pemasaran di Madrasah Aliyah Unggulan Bertaraf Internasional

Authors

  • Umin Kango Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
  • Yudi Nur Supriadi UPN Veteran Jakarta, Indonesia
  • Imriani Idrus Institute Tekhnologi dan Bisnis Bina Adinata, Indonesia
  • Yana Sonjaya ASM Ariyanti, Indonesia
  • Riskatul Hasanah Institut Pesantren KH Abdul Chalim Pacet Mojokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i1.340

Keywords:

Strategi Pemasaran, Branding, Madrasah, Pesantren

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Madrasah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek yang dilakukan dalam penelitian ini adalah koordinator sekolah, bidang Admisi, siswa dan wali murid. Peneliti melakukan pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara, dan dokumentasi, analisis data yang digunakan dengan cara triangulasi. Peneliti memiliki tujuan untuk mengetahui strategi apa yang dilakukan oleh Madrasah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah sehingga lembaga pendidikan tersebut berhasil memiliki brand di masyarakat. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan yaitu: Pelaksanaan strategi branding yang dilakukan oleh MBI Amanatul Ummah yakni dengan pertama adanya guru yang cerdas sehingga peserta didik dapat berhasil dalam proses pembelajaran baik akademik maupun non akdemik, kedua akses networking yang kuat dan luas, ketiga akses vinansial dan akses sosial. Dalam keempat pelaksnaan strategi yang dilakukan keberhasilan utama untuk mencapai brand dikenal oleh masyarakat yakni adanya kekuatan networking yang kuat dan luas sehingga peserta didik dapat dengan mudah memanfaat relasi yang kuat untuk menyalurkan segala potensi yang dimiliki oleh MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Brand MBI Amanatul Ummah telah berhasil memperoleh pembeda dari lembaga pendidikan lainnya yakni layanan, kualitas (prestasi), dan lulusan yang berhasil diterima di perguruan tinggi terbaik diluar negeri maupun di Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik (Ed. Rev 20). Rineka Cipta. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=801361

BPS. (2019). Jumlah Sekolah, Guru, dan Murid Madrasah Aliyah (MA) di bawah Kementerian Agama Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur. Bps.Go.Id. https://jatim.bps.go.id/statictable/2019/10/09/1657/-jumlah-sekolah-guru-dan-murid-madrasah-aliyah-ma-di-bawah-kementerian-agama-menurut-kabupaten-kota-di-provinsi-jawa-timur-2018-2019-.html

DWIYAMA, F. (2019). Brand Image: Upaya Memasarkan Pendidikan Bagi Lembaga Yang Kurang Mampu Bersaing. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 880–891. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.424

Faizin, I. (2017). STIT Pemalang 261. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah, 7, 261–283. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/75

Fandy Tjiptono, G. C. (2005). Service, quality & satisfaction. Andi. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=295948

Fauziah, A., & Irwanto, J. (2020). Brand Equity Dimensions of Mediation in Satisfaction as Customer Loyalty. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 10(1), 66–77. https://doi.org/10.30741/wiga.v10i1.518

Heslop, L. A., & Nadeau, J. (2010). Branding MBA programs: The use of target market desired outcomes for effective brand positioning. In Journal of Marketing for Higher Education (Vol. 20, Issue 1). https://doi.org/10.1080/08841241003788110

Hurriyati, B. A. dan R. (2008). Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan: Fokus Pada Mutu dan Layanan Prima. Bandung: Alfabeta.

Isdarmanto, I. (2020). Strategi Branding Pengembangan Industri Pariwisata 4.0 Melalui Kompetitif Multimedia di Era Digital. Journal of Tourism and Creativity, 4(1), 1. https://doi.org/10.19184/jtc.v4i1.14383

Kango, U., Kartiko, A., & Maarif, M. A. (2021). The Effect of Promotion on the Decision to Choose a Higher Education through the Brand Image of Education. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 1611–1621. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.852

Kango, U., Kartiko, A., Zamawi, B., Gorontalo, U. N., & Ummah, A. (2019). the Effect of Service Quality, Facilities and Promotion on the Interest of New Students. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Karsono, K., Purwanto, P., & Salman, A. M. Bin. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 869–880. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2649

Kertajaya, H. (2004). Positioning Diferensiasi Brand: Memenangkan Persaingan dengan Segitiga. Gramedia Pustaka Utama. http://www.bukabuku.com/browses/product/9789792208351/positioning-diferensiasi-brand-memenangkan-persaingan-dengan-segitiga.html#

Khotimah, R. N., & Purwanti, S. (2018). Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Dan Pelayanan Di Mr. Teto Yogyakarta. E-Journal Student PEND …, 1–8. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/boga/article/download/11579/11126

Kim, A. J., & Ko, E. (2012). Do social media marketing activities enhance customer equity? An empirical study of luxury fashion brand. Journal of Business Research, 65(10), 1480–1486. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2011.10.014

Kotler, K. (2010). Manajemen Pemasaran (Jilid 1 da). Erlangga. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=946875

Kurnia, D. (2019, December 3). Kemenag Jatim Berupaya Perbanyak Madrasah Negeri. Republika. https://www.republika.co.id/berita/q1xe4a335/kemenag-jatim-berupaya-perbanyak-madrasah-negeri

Moleong, j, L. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mora Cortez, R., & Ghosh Dastidar, A. (2022). A longitudinal study of B2B customer engagement in LinkedIn: The role of brand personality. Journal of Business Research, 145(July 2021), 92–105. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2022.02.086

Munir, M. (2022). Strategi Membangun Brand Image Lembaga Pendidikan. INTIZAM: Jurnal Manajeman Pendidikan Islam, 5(2), 21–41.

Nguyen, B., Yu, X., Melewar, T. C., & Chen, J. (2015). Brand innovation and social media: Knowledge acquisition from social media, market orientation, and the moderating role of social media strategic capability. Industrial Marketing Management, 51, 11–25. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2015.04.017

Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, I. S. (2022). Marketing 5.0 Teknologi Untuk Kemanusiaan (kketiga). PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rapp, A., Beitelspacher, L. S., Grewal, D., & Hughes, D. E. (2013). Understanding social media effects across seller, retailer, and consumer interactions. Journal of the Academy of Marketing Science, 41(5), 547–566. https://doi.org/10.1007/s11747-013-0326-9

Rosa, N. (2022, September 6). Kisah Kiai Miliarder tapi Dermawan, Suka Memberi “Amplop” untuk Tamunya. Detikedu. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6275225/kisah-kiai-miliarder-tapi-dermawan-suka-memberi-amplop-untuk-tamunya#:~:text=Kiai itu bernama Kiai Asep,membimbing santri untuk salat malam.

Rustami, N. A., Nuraedi, & Kurniatun, T. C. (2016). Pengaruh Kualitas Jasa Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal ADPEND Tata Kelola Pendidikan, 1(1), 44. http://ejournal.upi.edu/index.php/jurnaladpend/article/view/3254

Subagio, I. S., & Saraswati, E. (2021). Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Umkm Di Purbalingga. J-LEE - Journal of Law, English, and Economics, 2(01), 1–14. https://doi.org/10.35960/j-lee.v2i01.592

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. https://www.pdfdrive.com/prof-dr-sugiyono-metode-penelitian-kuantitatif-kualitatif-dan-rd-intro-e56379944.html

Susilo, M. J. (2022). Strategi Branding Sekolah Dalam Meningkatkan Animo Siswa Dan Awareness Masyarakat. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 1–6. http://jurnal.pendidikandd.org/index.php/JPD/article/view/278%0Ahttp://jurnal.pendidikandd.org/index.php/JPD/article/download/278/174

Wijaya, D. (2016). Pemasaran jasa pendidikan (B. S. Fatmawati (ed.); Edisi Pert). Jakarta : Bumi Aksara. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1110535

Wulandari, S., & Wiratmadja, I. I. (2015). Analisis Perbedaan Persepsi University Brand Value Antar Grup Fakultas Mahasiswa Universitas Telkom (Studi Kasus: Mahasiswa Program Sarjana). Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 2(2), 40–45. https://jrsi.sie.telkomuniversity.ac.id/JRSI/article/view/88

Downloads

Published

2023-02-21

How to Cite

Kango, U., Supriadi, Y. N., Idrus, I., Sonjaya, Y. ., & Hasanah, R. (2023). Implementasi Strategi Pemasaran di Madrasah Aliyah Unggulan Bertaraf Internasional . Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 81–91. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i1.340