Transparansi Penggunaan Dana Bos di Sekolah Dasar Islam Terpadu Muhammadiyah

Authors

  • Teguh Waluyo Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Harsono . Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Suyatmini . Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i1.316

Keywords:

Transparency, Dana BOS, SD IT Muhammadiyah

Abstract

This research was conducted to describe the transparent use of BOS funds at SD IT Muhammadiyah The principles of managing BOS funds include planning, implementing, monitoring, and evaluating, as well as BOS reporting. This study used a qualitative approach, using a study research library technique. Sources of research data were obtained from interviews with school principals, BOS treasurers, school committees, and teachers. As reinforcement is equipped with observations and documentation. The management of School Operational Assistance (BOS) funds at SD IT Muhmammadiyah is based on the principles of flexibility, effectiveness, efficiency, accountability, and transparency. This is reflected in the planning of BOS funds at SD IT Muhammadiyah carried out in accordance with procedures and technical guidelines. The use of BOS funds was adjusted according to priority needs. From the point of view of good supervision, this is indicated by the results of internal and external audits so that no misuse of budget funds was found.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayat, R., Burhan, M. R., & Ma’ruf, A. 2019. “Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dalam Meningkatkan Sarana Dan Prasarana Pendidikan (Studi di SDN 44 Mande Kota Bima)”. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Vol. 7, No. 2.

Winaya, I. M. A., Wijaya, P. E. P., Sudiarta, I. N., & Sutika, I. M. 2022. “Analisis Prinsip-Prinsip Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler dalam Program Merdeka Belajar”. Jurnal Kajian Pendidikan FKIP Universitas Dwijendra, Vol. 13, No.2.

Alfiani, M. 2021. “Komparasi Pengelolaan Dana BOS Sebelum dan Pada Saat Pandemi Covid 19”. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), Vol. 5, No. 3.

Junaedi, E. & Enas. 2018. “Manajemen Pembiayaan Bantuan Pendidikan Menengah Universal (BPMU) dalam Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan”, Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, Vol. 2, No. 1.

Kusno, Suib, M., & Wahyudi. 2013. “Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Sekolah Dasar Negeri”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 2, No. 4.

Muryati, I. 2016. “Pengelolaan Dana BOS Pada SD Negeri di UPT Pelayanan Pendidikan Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman”. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Vol. 4, No. 2.

Sulfiati, F., Alam, A. S., & Irwan, A. L. 2010. “Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam Pendidikan di Kabupaten Sinjai”. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Vol. 3, No. 2.

Bhawa, G. A. S, Haris, I. A., & Artana, M,. 2014. “Efektivitas Pengelolaan Dana bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada Sekolah Dasar di Kecamatan Sukasada”. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha, Vol. 4, No. 1.

Muryati, I,. 2016. “Pengelolaan Dana Bos Pada SD Negeri di UPT Pelayanan Pendidikan Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman”. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Vol. 4, No. 2.

UU Nomor 20. (2003). tentang Sistem Pendidikan Nasional

Permendikbud Nomor 2. (2022). (Juknis BOS Reguler tahun 2022).

Hidayat. F & Ismail T,. 2022. “Transparansi dan Akuntabilitas Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)”.Jurnal Administrasi Kebijakan, dan Kepemimpinan Pendidikan. Vol. 3 No. 1

Bastian, Indra. 2006. Akuntansi Pendidikan. Yogyakarta: Erlangga.

Fattah, Nanang. 2009. Ekonomi dan Biaya Pendidikan. Bandung: Rosda.

Minarti, Sri. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri”. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wahyudin S, 2021. “Peranan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam Upaya Menuntaskan Wajib Belajar 9 Tahun di MTS NW Teros Tahun Anggaran 2019/2020”. Jurnal Studi Islam Vol. 7, No. 1.

Suryana, Asep, dan Dadang Sadeli. 2015. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Fraud pada Bidang Pendidikan”. Tersedia pada http://jrap.univpancasila.ac.id/ index.php/JRAP/ article/view/61 (Diakses 2 September 2018)

Mulyasa, E. 2013. “Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan”. PT. Remaja Rosda Karya, Bandung.

Permendiknas. (2010). Tujuan Progam Dana BOS. No. 37

Rakhmawati, I. 2019. “Pengaruh Akuntabilitas dan Tranparansi Terhadap Efdektifitas Pengelolaan Dana BOS dengan Partisipasi Stakeholder sebagai Variabel Moderasi”. Jurnal Akutansi Syariah. Vol. 1 No. 1.

Hamid, M. 2007. “Manajemen Berbasis Sekolah. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama”.

Erwantosi. 2010. Analisis Efektifitas, Akuntabilitas dan Transparansi Bantuan Operasional Sekolah pada Sekolah Menengah Pertama di Kota Padang.Tesis tidak dipublikasikan. Program Pascasarjana Universitas Andalas

Permendikbudristek.(2022). “Juknis Pengelolaan dana BOS”. No. 2

Regina, B dkk. 2013. “Implementasi Kebijakan Bantuan Operasional Sekolah di Kota Malang”. Jurnal Administrasi Publik. Vol. 3 No. 1 Hal. 61-66.

Badruttamam. 2018. “Manajemen Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan Islam Nurul Karomah Bangkalan”. Jurnal Manajemen Pembiayaan. Vol. 3 No. 1 Hal. 64-80.

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Waluyo, T., ., H., & ., S. (2023). Transparansi Penggunaan Dana Bos di Sekolah Dasar Islam Terpadu Muhammadiyah . Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 28–37. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i1.316