Studi Analisis Komite Sekolah/Madrasah dalam Mengawal Kualitas Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.31Keywords:
Komite Sekolah, Kualitas Sekolah, Madrasah, SekolahAbstract
Dibentuknya komite sekolah/madrasah adalah upaya penyesuaian terhadap paradigma yang dirubah oleh pemerintah menjadi desentralisasi. Hal ini menjadi peluang bagi stakeholder khusunya masyarakat agar dapat memberikan ruang untuk ikut serta dalam mengelola pendidikan. Kebijakan pendidikan di Negara kita sekarang ini seharusnya dapat membangun manusia yang kompetitif. Sebagian sekolah/madrasah yang kita miliki dan pendidikannya mumpuni, akan tetapi hasil yang didapatkan belum maksimal hanya karena tidak memiliki partner yang dapat membantu dan mengawal kualitas pendidikannya. Studi analisis ini merupakan upaya untuk menganalisis kebijakan pendidikan terhadap komite sekolah/madrasah dan menelaah peran, fungsi, maupun tugasnya ketika berupaya mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan. Sebab keikutsertaan komite sekolah/madrasah dalam pengembangan dan peningkatan sekolah sangat diperlukan, yang akhirnya dapat memberdayakan seluruh komponen masyarakat. Dan yang paling penting komite sekolah/madrasah dapat mewujudkan apa yang diharapkan oleh masyarakat.
Downloads
References
Anwar, I. (2015). Kinerja Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di SMP AL Khairat Kalumpang Kota Ternate. EDUKASI - Jurnal Pendidikan, 13(1), 165–177.
Dacholfany, M. I. (2016). Peranan pengambilan keputusan dalam rangka menciptakan inovasi di bidang pendidikan. Dewantara, 1(1), 16–28.
Desi Nurhikmahyanti, S. M. (2014). Prasarana Di Sd Negeri Pucang Iv Sidoarjo. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(4), 163–176.
Faqih, M., & Mulianti, E. (2016). Peran Komite Sekolah dengan Mutu Pendidikan. Jurnal Visionary, 2(2), 108–113.
Fauziyah, H. (2017). Pengaruh Kohesifitas Kelompok Dan Kepuasan Kerja Terhadap Produktivitas Guru Raudhatul Athfal (Ra) Di Kabupaten Bekasi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 1346. https://doi.org/10.21009/jmp.07206
Fauziyati, W. R. (2018). Strategi Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan menuju Generasi Maju Indonesia. Qalamuna, 10(1), 157–177.
Hakim, M. N. (2016). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Islam Unggulan. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 104–114. https://doi.org/10.31538/NDH.V1I2.7
Hakim, M. N. (2018). Upaya Kepala Madrasah Dalam Membina Budaya Religius. IMProvement, 5(1), 74–88. https://doi.org/10.21009/Improvement.051.07
Hakim, M. N. (2019). Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Dlanggu Mojokerto). Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 121–139. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i1.245
Hakim, M. N., & Hasan, M. T. (2019). Inovasi Kurikulum Pendidikan SMA Darul Ulum 2 di Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 4(2), 1–13.
Hakim, M. N., & Rahayu, F. D. (2019). Pembelajaran Saintifik Berbasis Pengembangan Karakter. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1–27. https://doi.org/10.31538/nzh.v2i1.148
Hanafi, I., & Ma’sum, M. (2015). Analisis Implementasi Kebijakan Pendidikan: Peran Komite Sekolah pada Sekolah Menengah Kejuruan. Cakrawala Pendidikan, 34(1), 58–66.
Hikmah, N. (2016). Peran Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SD N 2 Gemeksekti Kebumen. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(21), 2036–2041.
Kamil, M. (2007). Kompetensi Tenaga Pendidik Pendidikan Nonformal Dalam. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF, 2(2), 11–20.
Krissandi, A. D. Sagita., & Rusmawan. (2015). Kendala Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Cakrawala Pendidikan, 34(3), 457–467.
Lathifah. (2017). Peran Komite Sekolah dalam Proses Manajemen Madrasah pada MTsN Karang Intan Kabupaten Banjar. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 3(3), 354–364.
Marsofiyati, & Febriantina, S. (2016). Pemberdayaan Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Efisiensi Pengelolaan Sekolah Di Kota Depok (Studi Kasus pada Komite SMAIT Al-Qudwah Kota Depok). Jurnal Ilmiah Econosains, 14(2), 201–224.
Mas, S. R. (2011). Partisipasi Masyarakat dan Orang Tua dalam Penyelengaraan Pendidikan. Jurnal El-Hikmah, VIII(2), 184–196.
Megiati, Y. E. (2016). Pemberdayaan Komite Sekolah: Kajian Konsep dan Implementasinya. Jurnal SAP, 1(2), 217–227.
Misbah, M. (2009). Peran Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Insania, 14(1), 1–15.
Mulyono, W. D. (2014). Peran Komite Sekolah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Smk Di Kabupaten Lamongan , Jawa Timur the Rolesof the School Committee in the Implementation of Vocational High School in Lamongan Regency , East Java. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(3), 391–404.
Mursidi, A. (2013). Pengelolaan Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sd Islam Al Azhar 29 Semarang. JMP, 2(1), 20–32.
Pantjastuti, S. R., Haryanto, A., Suparlan, & Yudistira. (2008). Komite sekolah: Sejarah dan prospeknya di masa depan. Hikayat.
Raynolds, L. J. (2005). Kiat Sukses Manajemen Berbasis Sekolah, Pedoman Bagi Praktisi Pedidikan. Diva Pustaka.
Ridwan, M. (2018). Konsep Tarbiyah, Ta’lim Dan Ta’dib Dalam Al-Qur’an. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 35–57. https://doi.org/10.31538/nzh.v1i1.41
Rohayati, T., Sudjarwo, & Rini, R. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Peran Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMPN di Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, 2(3).
Rusdiana, A. (2014). Konsep Inovasi Pendidikan (1st ed.). PUSTAKA SETIA.
Sagala, S. (2008). Dukungan Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Khususnya Di Sekolah. GENERASI KAMPUS, 1(2), 49–63.
Sa’ud, U. S., & Makmun, A. S. (2009). Perencanaan Pendidikan (IV). PT Remaja Rosdakarya.
Sholihat, S. S. (2017). Pengelolaan Biaya Pendidikan, Partisipasi Masyarakat, dan Mutu Layanan Pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah Swasta. Jurnal Administrasi Pendidikan, XXIV(1), 1–10.
Sudirman. (2013). Kontribusi Partisipasi Komite Terhadap Mutu Layanan Pendidikan Di Man Se-Kabupaten Tanah Datar. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 183–191. https://doi.org/10.31958/jaf.v1i2.363
Suhayati, I. Y. (2013). Supervisi kademik Kepala Sekolah, Budaya Sekolah dan Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 17(1), 86–95.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Abdul Mukti Bisri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/munaddhomah