Pengaruh Bermain Peran Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini

Authors

  • Annisa Rahmilah Bakri Institut Pesantren Kh. Abdul Chalim Pacet Mojokerto, Indonesia
  • Juli Amaliyah Nasucha Institut Pesantren Kh. Abdul Chalim Pacet Mojokerto, Indonesia
  • Dwi Bhakti Indri M Institut Pesantren Kh. Abdul Chalim Pacet Mojokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.12

Keywords:

Bermain Peran, Interaksi Sosial, Anak Usia Dini

Abstract

Guru memberi materi dengan metode ceramah, anak menerima materi dari penjelasan yang telah diberikan oleh guru, tugas yang diberikan berupa lembar kerja siswa dan buku kerja anak. Anak mencatat angka  atau huruf/kata tanpa menciptakan konteks belajar terlebih dahulu. Dalam hal ini, pendidikan akademik atau intelektual anak berkembang dengan baik karena mendapat rangsangan atau stimuslus yang besar, sedangkan untuk yang non akademiknya kurang mendapat rangsangan atau stimulus atau seringkali disepelekan sehingga interaksi sosial sesama teman menjadi kurang. Penelitian memiliki rumusan masalah yaitu bagaimana kemampuan interaksi sosial anak yang diajarkan dengan metode bermain peran dan adakah pengaruh bermain peran terhadap interaksi sosial anak usia dini pada kelompok A di RA Thoriqul Ulum Sajen, Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah pre – eksperimental design dengan tipe one grup pretest–posttest dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan data dengan pertimbangan tertentu.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara metode bermain peran dengan interaksi  sosial anak. Hal ini terlihat dari nilai rata –rata kemampuan interaksi sosial anak sebelum dan sesudah diberi perlakuan bermain peran yaitu 45.55 menjadi 60.95. Hal ini juga dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana nilai sig.< 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardy Wiyani, Novan dan Barnawi. Format PAUD. Jogjakarta: Ar–Ruzz Media, 2014.

Arikunto. Prosedur Peneltian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Ayuningtiyas, Vera. “Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Upaya Menumbuhkembangkan Keteramapilan Berbicara Bahasa Indonesia pada Anaka Usia Dini di TK Bhayangkari 17 Cimahi”. Jurnal Empowerment, Vol.2, No.2, September, Isuue (2013): 50-52. ISSN No. 2252–47738.

Bandi. “Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di TK Negeri Pringtali, Jatimulyo,Grimulyo, Kulon Progo” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2018.

Beckley, Pat. Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Penerbit Indeks Jakarta, 2018.

Istiqomah, Laelatul, “Tiga Pilar Kebijakan Pemerintah Dalam Pembinaan PAUD”, Golden Age, Vol. 1 No. 1, April, Issue (2016): 62. e-ISSN: 2502–3519.

Lutifah ,Ulya dan Anita Chandra Dewi Sagala. “Upaya Meningkattkan Interaksi Sosial Melalui Permainan Tradisional Jamuran Pada Anak Kelompok B TK Kuncup Sari Semarang Tahun Ajaran 2014/2015”. Jurnal Penelitian PAUDIA.

Mulyasa. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Nur Inten, Dinar. “ Pengembangan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran”. MediaTor, Vol.10, No.1, Juni, (2017): 111.

Pebriana, Putri Hana. “Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini”, Jurnal Obsesi, Vol.1, No.1, Issue (2017): 4.

Sholichah ,Zumrotus dan Rianto, Yatim. “Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5–6 Tahun di Kelompok B UPT SPNF SKB Gresik”. Volume 1. No.1, Issue (2012): 6.

Siska, Yulia. ”Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam meningkatkan keterampilan sosial dan keterampilan Berbicara Anak Usia Dini”. Edisi khusus No.2, Agustus, Issue (2011): 33. ISSN 1412–565X.

Suyanto, Slamet, Dasar–dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Penerbit Hikayat Publishing, 2005.

Downloads

Published

2021-01-25 — Updated on 2021-02-09

Versions

How to Cite

Bakri, A. R. ., Nasucha, J. A. . ., & Indri M, D. B. (2021). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 58–79. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.12 (Original work published January 25, 2021)