Pengembangan Madrasah Diniyah di Pondok Pesantren Daruttaqwa Suci Manyar Gresik
DOI:
https://doi.org/10.31538/cjotl.v2i1.189Keywords:
Pengembangan, Madrasah Diniah, Pondok PesantrenAbstract
Penelitian ini berusaha mengungkap Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Daruttaqwa Suci Manyar Gresik sebagai bentuk pengembangan yang dilakukan oleh madrasah tersebut. dari penelitian yang sudah dilakukan oleh penulis menunjukkan bahwa pengembangan Di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Daruttaqwa sudah dilakukan oleh pihak penyelenggara dan pengelola madrasah sejak awal berdirinya sampai sekarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian yang diajukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis suatu fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap kepercayaan, persepsi, pemikiran, untuk menemukan prinsip-prinsip serta penjelasan yang mengarah pada kesimpulan. Kehadiran peneliti bertindak sebagai observer. Data diperoleh melalui observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan waktu, keikutsertaan, ketekunan pengamatan. Adapun tahap-tahap penelitian yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penyelesaian. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa kualitas. Dari penelitian tersebut dapat di simpulkan Madrasah diniyah Daruttaqwa adalah. a) kurikulum mandiri. b). Pembelajaran yang menyenangkan di lingkungan pesantren. faktor pendukung pendidikan madrasah diniyah Daruttaqwa adalah animo masyarakat terhadap pendidikan madrasah diniyah. faktor penghambat pendidikan madrasah diniyah adalah kurangnya pendampingan tenaga pengajar. untuk mengatasi kelemahan tersebut diadakan pelatihan, bimbingan dan motivasi.
Downloads
References
Aisyah, S., Ilmi, M. U., Rosyid, M. A., Wulandari, E., & Akhmad, F. (2022). Kiai Leadership Concept in The Scope of Pesantren Organizational Culture. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 3(1), 40–59. https://doi.org/10.31538/tijie.v3i1.106
Ansori, M. (2020). Pengembangan Kurikulum Madrasah Di Pesantren. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 41–50. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.32
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Asmarani, A., Sukarno, S., & Widdah, M. E. (2021). The Relationship of Professional Competence with Teacher Work Productivity in Madrasah Aliyah. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 220–235. https://doi.org/10.31538/ndh.v6i2.1365
Bruinessen, M. van. (1995). Kitab kuning, pesantren dan tarekat: Tradisi-tradisi Islam di Indonesia (Vol. 17). Mizan.
Budiya, B. (2021). Manajemen Pengelolaan Kelas Masa Pandemi di SD Ta’miriyah Surabaya. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 50–54. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i1.129
Ciptaningsih, Y., & Rofiq, M. H. (2022). Participatory Learning With Game Method For Learning Completeness In Islamic Religious Education. Fikroh: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 15(1), 18–29. https://doi.org/10.37812/fikroh.v15i1.361
Djamarah, S. B. (2000). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. (2004). Pola komunikasi orang tua dan anak dalam keluarga (sebuah perspektif pendidikan Islam). Rineka Cipta.
Halim, A. (2005). Manajemen Pesantren. Pustaka Pesantren.
Hitti, P. K. (2005). History of the Arabs: Rujukan induk dan paling otoritatif tentang sejarah peradaban Islam. Penerbit Serambi.
Imron, A., & Syukur, F. (2021). Religious Moderation in Pesantren Culture Era Post-Truth for Santri-College Students of Unwahas and UIN Walisongo. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(001), 199–218. https://doi.org/10.30868/ei.v10i001.1782
Kartiko, A., Zuana, M. M. M., Sirojuddin, A., Rofiq, M. H., & Maarif, M. A. (2020). ASWAJA Ke-NUan-BASED ISLAMIC MODERATE EDUCATION AS A RADICALISM STRATEGY. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 3(2, July), 88–101. https://doi.org/10.31943/afkar_journal.v3i2.98
Ma’arif, M. A., & Nabila, N. S. (2020). The Contribution Of Kiai Munawwar Adnan Kholil Gresik On Islamic Education. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 31(2), 218–236. https://doi.org/10.33367/tribakti.v31i2.1126
Maarif, M. A., Wardi, M., & Amartika, S. (2020). The Implementation Strategy of Religious Culture in Madrasah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 6(02), 163–174. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v6i02.2962
Mahdayeni, M., Alhaddad, M. R., & Saleh, A. S. (2019). Manusia dan Kebudayaan (Manusia dan Sejarah Kebudayaan, Manusia dalam Keanekaragaman Budaya dan Peradaban, Manusia dan Sumber Penghidupan). Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 154–165. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v7i2.1125
Moleong, L. J. (1989). Metodologi penelitian kualitatif. Remadja Karya.
Mumtahanah, L. (2020). Integrasi Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 55–74. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i1.461
Pakpahan, P. L., & Habibah, U. (2021). Manajemen Program Pengembangan Kurikulum PAI dan Budi Pekerti dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa: Management of IRE Curriculum Development Program and Character in Forming Student’s Religious Character. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 1–20. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.19
Safi’i, I., & Ikmal, H. (2020). Multiculturalism In Indonesian Civilization (Critical, Tolerant, And Empaty). Jurnal Al-Murabbi, 6(1), 38–47. https://doi.org/10.35891/amb.v6i1.2405
Sirojuddin, A., Ashlahuddin, A., & Aprilianto, A. (2022). Manajemen Kurikulum Terpadu Berbasis Multiple Intellegences di Pondok Pesantren. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i1.143
Tajudin, A., & Aprilianto, A. (2020). Strategi Kepala Madrasah..dalam Membangun Budaya Religius Peserta Didik. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 101–110. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i2.34
WAHJOSUMIDJO. (2010). Kepemimpinan kepala sekolah: Tinjauan teoritik dan permasalahannya. Rajawali Pers.
Yanto, M. (2021). Management Problems of Madrasah Diniah Takmiliyah Awaliyah Rejang Lebong Old Religious Units in Memorizing Al-Qur’an Juz Amma. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 235–248. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i2.1433
Zulaikhah, D., Sirojuddin, A., & Aprilianto, A. (2020). Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013 Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 54–71. https://doi.org/10.31538/tijie.v1i1.6
Downloads
Published
Versions
- 2023-04-11 (3)
- 2022-08-14 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Madkan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.