Pembinaan Moral Agama Islam Pada Interaksi Sosial Anak Jalanan Dan Gelandangan

Authors

  • Jiono Jiono Pascasarjana Institut Pesantren Kh. Abdul Chalim Pacet Mojokerto, Indonesia
  • Rony , Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Fitrah Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31538/cjotl.v1i2.160

Keywords:

Moral, Anak Jalanan, Agama Islam, Panti Sosial

Abstract

Adapun secara istilah terkait pembinaan moral agama Islam pada interaksi sosial anak jalanan dan gelandangan yakni upaya yang di lakukan secara sadar demi melahirkan insan kamil dengan akhlak  mahmudah serta bijak dalam bersikap sesuai dengan ajaran Al-qur’an dan hadist sehingga nantinya dapat bisa mengamalkan seusai dengan ajaran Islam. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jika ditinjau dari sudut kemampuan atau kemungkinan penelitian dapat memberikan informasi atau penjelasan maka penelitian ini termasuk penelitian termasuk penelitian deskriptif. Untuk menguji data digunakan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data, uji transferabilitas, uji dependabilitas, uji konfirmabilitas. Hasil penelitian adalah interaksi sosial anak jalanan dan gelandangan di antaranya: 1) dapat dilihat melalui kerja sama yang berjalan secara baik dengan seseorang  sekitarnya, 2) melalui akomodasi yang dilihat melalui proses asimilasi berjalan dengan baik dan normal tidak ada perbedaan antara anak jalanan dengan anak lainya maupun gelandangan dengan masyarakat sekitarnya yang 3) di lihat dari persaingan yang terjadi yakni tidak ada persaingan yang terlalu berarti baik antara anak jalanan maupun gelandangan yang terakhir dilihat dari pertentangan dalam hal ini bisa dilihat minimalnya pertentangan yang terjadi di antara anak jalanan maupun gelandangan. Kesimpulan yang dapat diambil ialah melalui pendekatan kualitatif dapat diperoleh hasil pembinaan moral agama Islam pada interaksi anak jalanan dan gelandangan yakni dengan mengadakan pengajian umum meliputi pembinaan akidah, melafalkan dua kalimat syahadat, renungan dan menceritakan kisah-kisah nabi serta menulis dan membaca al-Qur’an.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A. K. (2021). Rehabilitation of the Knowledge of Revelation. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 4(2), 181–196. https://doi.org/10.31538/almada.v4i2.1443

Creswell, J. W. (2012). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. SAGE Publications.

Djamarah, S. B. (2000). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Rineka Cipta.

Hasanah, M., & Maarif, M. A. (2021). Solusi Pendidikan Agama Islam Mengatasi Kenakalan Remaja Pada Keluarga Broken Home. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 39–49. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i1.130

Huda, M. M. (2021). Actualization of Religious Figures in Building a Culture of Peace in Plajan Pakis Aji Jepara. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 4(2), 169–180. https://doi.org/10.31538/almada.v4i2.1215

Ikramullah, I., & Sirojuddin, A. (2020). Optimalisasi Manajemen Sekolah Dalam Menerapkan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 131–139. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i2.36

Lestari, T. A., Ma’arif, M. A., Kartiko, A., Karim, A., & Siregar, B. (2021). Mental Revolution of Homeless Children’s Through Islamic Education Learning. International Conference on Engineering, Technology and Social Science (ICONETOS 2020), 67–72.

Ma`arif, M. A., & Rusydi, I. (2020). Implementasi Pendidikan Holistik Di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Mojokerto. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(1), 100–117. https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i1.598

Maarif, M. A. (2018). Analisis Strategi Pendidikan Karakter Melalui Hukuman Preventif. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 31–56.

Maptuhah, M., & Juhji, J. (2021). Pengaruh Perhatian Orangtua dalam Pembelajaran daring terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 25–34. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i1.127

Maulidyah, R. F., & Fauzi, A. M. (2021). Multicultural Community Rationality in Running Religious Activities in Pandemic Times. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 4(2), 271–287. https://doi.org/10.31538/almada.v4i2.1653

Najmi, N., Rofiq, M. H., & Maarif, M. A. (2021). The Effect Of Cooperative Learning Model Type Of Teams Games Tournament (Tgt) On Student’s Learning Achievement. At-Tarbiyat :Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.37758/jat.v4i2.291

Nizar, S. (2002). Filsafat pendidikan Islam: Pendekatan historis, teoritis dan praktis. Ciputat Pers.

Pajarianto, H., & Mahmud, N. (2019). Model Pendidikan Dalam Keluarga Berbasis Multireligius. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 22(2), 254–266. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n2i7

Pakpahan, P. L., & Habibah, U. (2021). Manajemen Program Pengembangan Kurikulum PAI dan Budi Pekerti dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa: Management of IRE Curriculum Development Program and Character in Forming Student’s Religious Character. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 1–20. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.19

Pakpahan, P. L., Ikhsannudin, M., & Kholis, M. M. N. (2021). Women Who Work According to Khaled Aboue El-Fadl. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 4(2), 252–270. https://doi.org/10.31538/almada.v4i2.1347

Pratami, I. (2019). Pemikiran Transformatif Politik Islam Kuntowijoyo Ditinjau Dari Perspektif Filsafat Politik [Universitas Gadjah Mada]. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/170836

Rony, R., & Jariyah, S. A. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 79–100. https://doi.org/10.31538/tijie.v1i1.18

Shobihah, I. F., & Walidah, P. Z. (2021). Interelasi Orangtua, Guru Dan Anak Dalam Membentuk Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah Plus Darul Falah Jombang. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 8(1), 22–29. https://doi.org/10.54069/atthiflah.v8i1.92

Sholihah, M., Maarif, M. A., & Romadhan, M. S. (2021). Konseling Islam Dengan Dzikir Tarekat Qadiriyah Naqsabandiyah: Mengatasi Kegelisahan Jiwa Dan Bathin. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 4(2), 299–317. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v4i2.143

Sirojuddin, A., Aprilianto, A., & Zahari, N. E. (2021). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Chalim Journal of Teaching and Learning (CJoTL), 1(2), 159–168.

Surya, P., & Rofiq, M. H. (2021). Internalisasi Nilai Karakter Jujur Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Unggulan Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 31–37. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i1.65

Yin, R. K. (2003). Case Study Research: Design and Methods. SAGE.

Downloads

Published

2022-03-09

How to Cite

Jiono, J., & , R. (2022). Pembinaan Moral Agama Islam Pada Interaksi Sosial Anak Jalanan Dan Gelandangan. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(2), 198–208. https://doi.org/10.31538/cjotl.v1i2.160