Optimalisasi Penguasaan Materi Pelajaran dan Kemampuan Mengelola Kelas dalam Meningkatkan Kompetensi Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Sri Wulandari Pascasarjana Institut Pesantren Kh. Abdul Chalim Pacet Mjokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31538/cjotl.v1i2.134

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Penugasan, Guru, Optimalisasi

Abstract

Tujuan Artikel ini adalah untuk mengetahui optimalisasi penguasaan materi pelajaran dan kemampuan mengelola kelas dalam meningkatkan kompetensi mengajar guru Pendidikan Agama Islam di MI Darul Hidayah Sudimoro Tulangan Sidoarjo. Metode penelitian yang akan digunakan di dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Obyek penelitian dibatasi seputar aktifitas maupun interaksi yang dilakukan oleh siswa MI Darul Hidayah Sudimoro Tulangan Sidoarjo untuk mengatasi kompetensi mengajar guru. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa, 1) Penguasaan materi pelajaran dan kemampuan mengelola kelas dalam meningkatkan kompetensi mengajar guru Pendidikan Agama Islam di MI Darul Hidayah Sudimoro Tulangan Sidoarjo masih perlu dioptimalkan, mengingat kelebihan yang ditemukan di madrasah ini terbilang masih dalam katagori cukup. 2)Faktor kelemahan apa saja yang menyertai Optimalisasi penguasaan materi pelajaran dan kemampuan mengelola kelas dalam meningkatkan kompetensi mengajar guru Pendidikan Agama Islam di MI Darul Hidayah Sudimoro Tulangan Sidoarjo menyangkut keterbatasan inovasi dan kreativitas mengajar sebagaimana yang harus direspon di masa kemajuan teknologi dan informasi sat kini. Kelemahan dan hambatan ini disolusi secara non teknis dan perlu pelatihan dan pengembangan pada aspek pendidikan dan pelatihan bagi guru PAI-nya. Dan solusi yang ditawarkan adalah Perlunya pendalaman persepsi materi ajar sekaligus teknik penguasasaan kelas dalam rangka meningkatkan kompetensi guru, Perlunya mengatasi kelmahan dan hambatan peningkatan kompetensi guru melalui intensitas diklat dan pembinaan motivasional, Perlunya keterpaduan sinergi kepala madrasah, pengawas madrasah, serta guru PAI dalam rangka peningkatan kompetensi guru madrasah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asari, H., Lubis, S. A., & Sabariah, H. (2020). Non-Formal Islamic Education for Women Prisoner in Rumah Tahanan Negara. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 425–443. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i3.844

Azizah, A., & Fajeriah, S. (2021). The Effect of Offline Learning Model Assisted in Practicum Discovery Learning on Learning Outcomes. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 663–671. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i3.1667

Chalim, S., Sujono, G., & Usman, F. (2020). Trend Analysis Based Educator Planning. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 273–284. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i2.683

Djamarah, S. B. (2000). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Rineka Cipta.

Hasibuan, J. J. (1993). Proses belajar mengajar. Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Hidayah, S. N., & Az-zafi, A. (2021). The Role Of The Religious Laboratory In Improving Students ’Understanding Of Fiqh Lessons. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(2), 157–174. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i2.53

Ibrahim, R., & Sukmadinata, N. S. (2010). Ilmu dan aplikasi pendidikan. Grasindo.

Laksono, P. (2020). ADAPTASI SOSIAL MAHASISWA ASING DI INSTITUT KH. ABDUL CHALIM PACET MOJOKERTO. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.31538/almada.v3i1.484

Pidarta, M. (2009). Wawasan pendidikan: Mencapai tujuan pendidikan nasional, pengembangan afeksi, dan budaya Pancasila, mengurangi lulusan menganggur. Penerbit SIC.

Pringgodigdo, A. G., & Shadily, H. (1973). Ensiklopedi umum. Jajasan Kanisius.

Puspito, G. W., Swandari, T., & Rokhman, M. (2021). Manajemen Strategi Pengembangan Pendidikan Non Formal. Chalim Journal of Teaching and Learning (CJoTL), 1(1), 85–98.

Sudjana, N. (1991). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru.

Sukmadinata, N. S. (2010). Pengembangan Kurikulum: Teori Dan Praktik. PT Remaja Rosdakarya.

Tilaar, H. A. R. (2003). Kekuasaan dan pendidikan: Suatu tinjauan dari perspektif studi kultural. IndonesiaTera.

Downloads

Published

2022-01-16

How to Cite

Wulandari, S. (2022). Optimalisasi Penguasaan Materi Pelajaran dan Kemampuan Mengelola Kelas dalam Meningkatkan Kompetensi Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(2), 129–137. https://doi.org/10.31538/cjotl.v1i2.134