Implementasi Budaya Literasi Pada Pembelajaran Al Qur`an Hadits di Madrasah Aliyah
DOI:
https://doi.org/10.31538/cjotl.v1i2.116Keywords:
Literasi, Al-Qur`an Hadis, Implementasi PembelajaranAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi budaya literasi pada Pembelajaran Al Qur`an Hadits Kelas XII di Madrasah Aliyah Raden Paku Wringinanom Gresik. Artikel ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah studi dokumen, observasi, dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu guru Al Qur`an Hadits Kelas XII di Madrasah Aliyah Raden Paku Wringinanom Gresik. Obyek penelitian adalah perencanaan, pelaksanaan, dan hambatan yang dialami guru Al Qur`an Hadits Kelas XII dalam menerapkan Budaya Literasi. Hasil penelitian Implementasi Budaya Literasi pada pada Pembelajaran Al Qur`an Hadits Kelas XII menunjukkan bahwa; Implementasi Budaya literasi dilakukan dengan melalui tiga tahapan yaitu pertama pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran. Pendukung Implementasi budaya literasi pada pembelajaran al qur`an hadits, adanya payung hukum yaitu a) Juknis Gerakan Literasi Sekolah, b) Kepala Madrasah seorang penulis dengan tim literasi yang solid, c) Anggaran biaya dialokasikan dalam RAPBM, d) Dukungan dari semua pihak baik sekolah, orang tua dan masyakat. Adapun faktor penghambatnya antara lain a) SDM masih belum maksimal, b) motivasi guru kurang maksimal, c) minat baca siswa masih rendah, d) minimnya biaya yang dianggarkan atau dikelola. Solusi yang harus dilakukan yaitu a) mengalokasikan dana yang lebih besar dari anggaran biaya operasional sekolah, b) mengadakan pelatihan atau diklat tentang literasi sekolah, c) memperbanyak koleksi buku disetiap kelas, d) mengoptimalkan peran guru dan petugas perpustakaan e) mengajak semua stekhoalder yang ada untuk mendorong siswa siswi gemar membaca.
Downloads
References
Creswell, J. W. (2012). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. SAGE Publications.
Fadillah, D. P., & Istikomah, I. (2021). The Strategy Of School Literacy Culture In Elementary School. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 503–517. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i3.1614
Hasanah, M. (2021). The Role of Parents in Children Memorizing the Qur’an in Middle School Based on the Amanatul Ummah Islamic Boarding School. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(2), 139–156. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i2.43
Hasanah, N. (2021). The Role of Madrasah Ibtidaiyah in Building Student Characters in The Era Of The 4.0 Industrial Revolution. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 310–319. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i2.1304
Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran Literasi Digital Pada Peserta Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 4(2), 231–240. https://doi.org/10.14710/anuva.4.2.231-240
Maya, R., & Syafri, U. A. (2020). SPIRIT LITERASI PERSPEKTIF AL-MUQADDAM: Analisis Model Berliterasi Muhammad ibn Ismâ’îl Al-Muqaddam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01), 239–256. https://doi.org/10.30868/ei.v9i01.705
Moleong, L. J. (1989). Metodologi penelitian kualitatif. Remadja Karya.
Muhamad Arif, M. (2020). Madrasah Ibtidaiyah Transformation Based on Pesantren in the Era of Industrial Revolution 4.0. Psychology and Education Journal, 57(8), 420–435. https://doi.org/10.17762/pae.v57i8.759
Setiawan, A. R. (2020). PENDIDIKAN LITERASI FINANSIAL MELALUI PEMBELAJARAN FIQH MU’ĀMALĀT BERBASIS KITAB KUNING. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 138–159. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i1.522
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.
Susilawati, S. (2021). Prospects of Digital Literature and Its Implications on Increasing Learning Outcomes During The Covid-19 Pandemic. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(3), 526–536. https://doi.org/10.31538/ndh.v6i3.1776
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Suhadi Suhadi, Zakariyah Zakariyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.