Pengembangan Desain Pendidikan Karakter Berbasis Tiga Kecerdasan Manusia

Authors

  • Sita Acetylena IAI Al-Qolam, Indonesia
  • Akhmad Sirojuddin Universitas KH. Abdul Chalim, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31538/adrg.v5i1.1315

Keywords:

Pendidikan Karakter, Kecerdasan Manusia, Pesantren, Pendidikan Tinggi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pendidikan karakter berbasis nilai-nilai pesantren melalui pengelolaan tiga kecerdasan manusia: spiritual, intelektual, dan emosional. Latar belakang penelitian ini adalah kemerosotan karakter generasi muda Indonesia yang menuntut pendekatan pendidikan karakter yang holistik dan kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan teknik analisis konten terhadap teori-teori kecerdasan dan praktik pendidikan karakter di perguruan tinggi Islam berbasis pesantren. Temuan utama yang mengejutkan adalah kemampuan integrasi tiga kecerdasan manusia dalam pembelajaran, manajemen institusi, dan kegiatan kemahasiswaan yang secara sistemik memperkuat internalisasi karakter mahasiswa. Model ini terbukti membentuk aktor perubahan yang tidak hanya unggul secara intelektual, tetapi juga matang secara emosional dan spiritual, sebuah pendekatan yang lebih komprehensif dibandingkan model pendidikan karakter konvensional. Penelitian ini menyumbangkan perspektif baru dalam pendidikan karakter berbasis keislaman yang integratif dan dapat menjadi acuan bagi pengembangan kurikulum transformatif di perguruan tinggi Islam di Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, F. (2024). Konsep Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara Dan Tantanganya Di Era Milennial. EDUCARE: Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan, 1(2), 42–49. https://doi.org/10.37985/jedu.v1i2.4

Ahmad, A., & Safaria, T. (2013). Effects of self-efficacy on students’ academic performance. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 2(1), 22–29.

Arifin, Z. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1(1). Retrieved from http://www.alhikmah.stit-alhikmahwk.ac.id/index.php/awk/article/view/16

Chan, S. M. S. M. (2010). Analisis SWOT: Kebijakan Pendidikan Era Otonomi Daerah. Retrieved from https://library.stik-ptik.ac.id/detail?id=44922&lokasi=lokal

Culliford, L. (2011). The Psychology of Spirituality: An Introduction. Jessica Kingsley Publishers.

Damariswara, R., Wiguna, F. A., Khunaifi, A. A., Zaman, W. I., & Nurwenda, D. D. (2021). Penyuluhan Pendidikan Karakter Adaptasi Thomas Lickona. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 1(1), 25–32. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v1i1.16057

Dewey, J. (2024). Introduction: Dewey’s Vision in Democracy and Education. In Democracy and Education (pp. xv–lvi). Columbia University Press. Retrieved from https://www.degruyterbrill.com/document/doi/10.7312/dewe21010-003/html

Fadhilah, M. F., Alkindi, D., & Muhid, A. (2021). Cyber Counseling Sebagai Metode Meningkatkan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Literature Review. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(1), 86–94. https://doi.org/10.25273/counsellia.v11i1.8393

Faizin, M., Ubaidillah, M. F., & Akbar, M. I. F. (2023). Relevansi Antara Konsep Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara dan Konsep Pendidikan Islam Seumur Hidup (Lifelong Education). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 12–19. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10392

Fitria, S., & Salik, M. (2023). Implementasi Kitab Alala Karya Al-Zarnuji Dalam Pengembangan Spiritual Quotient Di MI Al Rosyid Bojonegoro. Al-Gazali Journal of Islamic Education, 2(1), 1–11.

Gardner, H. E. (2000). Intelligence Reframed: Multiple Intelligences for the 21st Century. Hachette UK.

Geni, P. L. (2011). Benarkah EQ Lebih Penting Daripada IQ? Humaniora, 2(1), 257–261. https://doi.org/10.21512/humaniora.v2i1.2999

Goleman, D. (1996). Emotional Intelligence. Why It Can Matter More than IQ. Learning, 24(6), 49–50.

Hashimov, R. by E. (2015). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook and The Coding Manual for Qualitative Researchers. Technical Communication Quarterly. (world). Retrieved from https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/10572252.2015.975966

Isnaini, M., & Iskandar, I. (2021). Akal Dan Kecerdasan Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadits. Mushaf Journal: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Hadis, 1(1), 103–118.

Mainuddin, M., Tobroni, T., & Nurhakim, M. (2023). Pemikiran Pendidikan Karakter Al-Ghazali, Lawrence Kolberg dan Thomas Lickona. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 283–290. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.563

Muzammil, Arifin, S., In’am, A., & Nurhakim, M. (2025). Strategi Penguatan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. UMMPress.

Octavia, N., Hayati, K., & Karim, M. (2020). Pengaruh kepribadian, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja karyawan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen (JBM), 130–144.

Onwuegbuzie, A. J., Frels, R. K., & Hwang, E. (2016). Mapping Saldana’s Coding Methods onto the Literature Review Process. Journal of Educational Issues, 2(1), 130–150.

Purniasih, K. S., & Agustiana, I. G. A. T. (2024). Multimedia Interaktif Berbasis Literasi Digital dengan Topik Daur Hidup Hewan untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 8(2), 318–326. https://doi.org/10.23887/jear.v8i2.77998

Rahmawati, U. (2016). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Santri: Studi terhadap Kegiatan Keagamaan di Rumah TahfizQu Deresan Putri Yogyakarta. JURNAL PENELITIAN, 10(1), 97–124. https://doi.org/10.21043/jupe.v10i1.1332

Raskind, I. G., Shelton, R. C., Comeau, D. L., Cooper, H. L. F., Griffith, D. M., & Kegler, M. C. (2019). A Review of Qualitative Data Analysis Practices in Health Education and Health Behavior Research. Health Education & Behavior, 46(1), 32–39. https://doi.org/10.1177/1090198118795019

Redzaudin Ghazali, Mohamad Rofian Ismail, Shahrul Ridzuan Arshad, & C. W. Shamsul Bahri C. W. Ahmad (Eds.). (2014). Proceedings of the International Conference on Arabic Studies and Islamic Civilization held on 4-5 March 2014 in Kuala Lumpur. Kajang: WorldConferences.net.

Reid, A. (2012). Indonesia Rising: The Repositioning of Asia’s Third Giant. Institute of Southeast Asian Studies.

Safitri, D., Zakaria, Z., & Kahfi, A. (2023). Pendidikan Kecerdasan Spiritual Perspektif Al-Ghazali Dan Relevansinya Dengan Emotional Spiritual Quotient (ESQ). Tarbawi : Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam, 6(1), 78–98. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v6i1.467

Saputra, K. D. (2020). Memasyarakatkan Kesalehan: Dimensi Tasawuf dalam Etika Sosial Profetik Kuntowijoyo. ABHATS: Jurnal Islam Ulil Albab, 1(2), 317–325.

Setyawan, A. A., & Simbolon, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Kansai Pekanbaru. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2980

Sugiyono, F. X. (2017). Neraca Pembayaran: Konsep, Metodologi dan Penerapan. Pusat Pendidikan Dan Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia.

Syamsuddin, S. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Spritualitas Melalui Kegiatan Rohani Islam Pada Lembaga Pendidikan. Jambura Journal of Educational Management, 214–222. https://doi.org/10.37411/jjem.v4i1.2592

Utami, L. H. (2015). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Siswa Di Sd Islam Tompokersan Lumajang. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1), 63–78. https://doi.org/10.15575/psy.v2i1.448

Zohar, D., & Marshall, I. (2007). SQ - Kecerdasan Spiritual. Mizan Pustaka.

Downloads

Published

2025-04-19

How to Cite

Acetylena, S., & Akhmad Sirojuddin. (2025). Pengembangan Desain Pendidikan Karakter Berbasis Tiga Kecerdasan Manusia. Andragogi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 103–115. https://doi.org/10.31538/adrg.v5i1.1315